Hagia Sophia

06 August 2023

Cceline Dion Sedang Cari Obat untuk Atasi Penyakit Stiff Person Syndrome

Celine Dion (Foto: Getty Images)

Penyanyi kondang Celine Dion sampai saat ini masih berusaha mencari obat yang cocok untuk membantu penyembuhan penyakit yang diidapnya, yaitu stiff person syndrome (SPS). Adapun kabar terbaru ini diungkapkan oleh saudara perempuannya, Claudette.

"Saya berbicara dengan saudara perempuan saya Linda yang tinggal bersamanya dan mengatakan kepada saya bahwa dia (Celine) sedang bekerja keras (mencari obat)," kata Claudette dilansir Mirror, Minggu (6/8/2023).

Claudette mengatakan, Celine banyak mendengarkan penjelasan dari para peneliti terbaik di bidang SPS untuk bisa membantu menyembuhkan penyakitnya. Sampai saat ini Celine masih terus berjuang untuk bisa sembuh seperti sedia kala.

"Kami mempercayainya (Celine). Itu sudah menjadi sifat bawaannya, dia disiplin dalam setiap bidang kehidupannya. Kami tidak dapat menemukan obat yang manjur, tetapi memiliki harapan, itu penting," ujarnya.

Dikutip dari Johns Hopkins Medicine, stiff person syndrome seperti yang dialami Celine Dion adalah kelainan neurologis autoimun langka yang paling sering menyebabkan kekakuan otot dan kejang yang menyakitkan yang datang dan pergi juga bisa memburuk seiring berjalannya waktu.

Namun, beberapa orang mengalami gejala lain seperti berjalan yang tidak stabil, penglihatan ganda, atau ucapan yang tidak jelas.

Seiring waktu, stiff person syndrome dapat menyebabkan perubahan postur tubuh. Pada kasus yang parah dapat membatasi kemampuan seseorang untuk berjalan atau bergerak. Jika sudah terjadi, pengidap perlu menjalani pengobatan berkelanjutan selama bertahun-tahun untuk mengelola gejala dan menjaga kualitas hidup.

Penyakit yang disebut sindrom orang kaku ini lebih mungkin terlihat pada orang dengan jenis penyakit tertentu, termasuk:

Gangguan autoimun termasuk diabetes, tiroiditis, vitiligo dan anemia pernisiosa.
Kanker tertentu termasuk payudara, paru-paru, ginjal, tiroid, usus besar dan limfoma Hodgkin.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kondisi Terkini Celine Dion saat Berjuang Melawan Penyakit Stiff Person Syndrome"