Hagia Sophia

06 August 2023

Tika Panggabean Berhasil Turunkan BBnya dengan Diet Intermittent Fasting

Foto: Instagram@botikapanggabean

Sosok Tika Panggabean menuai perhatian netizen. Pasalnya, penampilan barunya bikin pangling. Ia berhasil menurunkan berat badannya setelah menjalani metode diet intermittent fasting selama kurang lebih 10 tahun.

Konsep diet puasa ini memang sudah tak asing di telinga banyak, khususnya mereka yang akrab dengan bahasan seputar trik menurunkan berat badan. Beredar anggapan, lewat metode diet ini, seseorang tetap boleh memakan jenis makanan apa pun, asalkan dalam batasan jam tertentu. Benarkah begitu?

Dokter spesialis gizi klinik, dr Karin Wiradarma, MGizi, SpGK, menjelaskan, betul orang yang menjalani diet intermittent fasting hanya boleh makan dalam periode beberapa jam tertentu dalam satu hari. Namun catatannya, tak berarti orang yang menjalani diet ini bisa makan kalap semena-mena. Agar kesehatan tubuh tetap terjaga, tetap ada makanan yang perlu dijaga kadar asupannya.

"Pertama adalah deep fried. Yang kedua adalah gula. Yang ketiga adalah tepung. Sebisa mungkin itu kita kurangilah," ungkap dr Karin kepada detikcom dalam siaran e-Life, Jumat (4/8/2023).

"Misalnya jenis makanan bisa mengonsumsi makanan yang ditumis, itu masih boleh. yang dipanggang, yang dibakar, yang disop, shabu-shabu, steak juga masih oke, sushi juga boleh, ayam bakar, siomay, semua juga boleh. Cuma yang tiga itu, coba dikurangi," imbuhnya.

Sebaliknya, ada beberapa makanan tertentu perlu dikonsumsi saat menjalani diet intermittent fasting khususnya pada periode jam makan. Selain itu, asupan air mineral juga harus tetap jalan agar kebutuhan hidrasi tubuh tetap tercukupi meskipun sedang berpuasa.

"Jangan lupa kita harus tetap mencukupi kebutuhan sayur dan buah. Dan jangan lupa selama periode puasa, itu kita masih tetap boleh minum air atau minuman yang tidak berkalori, seperti teh misalnya," beber dr Karin.

"Sebenarnya sih kopi juga boleh, cuma saya nggak terlalu menyarankan untuk orang yang gampang sakit maag atau gerd. Karena kopi itu adalah salah satu pemicu," pungkasnya.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dijalani Tika Panggabean, Benarkah Orang Diet Intermittent Fasting Bebas Makan?"