Hagia Sophia

23 August 2023

Mengenal Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan Serta Efek Sampingnya

Foto: Getty Images/iStockphoto

Bunga Telang (Clitoria ternatea) adalah tanaman asli Asia, yang dikenal punya warna biru yang mencolok dan memukau. Bunga telang dikenal juga dengan nama bunga kupu-kupu.

Bunga telang dikenal memiliki berbagai kesehatan, sehingga sering diseduh menjadi teh herbal. Simak penjelasan berbagai manfaat bunga telang bagi kesehatan hingga kecantikan wajah di bawah ini.

Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan dan Kecantikan

Selain kecantikan warna birunya yang khas, bunga telang juga ternyata memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut beberapa manfaat bunga telang yang perlu kamu tahu.

1. Membantu Meningkatkan Kualitas Penglihatan
Dikutip dari laman Healthline, manfaat bunga telang untuk mata adalah mampu meningkatkan penglihatan, karena mengandung antioksidan bernama antosianin yang terbukti dapat meningkatkan aliran darah ke mata.

Georgianna K. Oguis, dkk, dari The University of Queensland dalam National Library of Medicine, menyebutkan bahwa manfaat bunga telang bisa membantu dalam mengobati glaukoma, mata lelah, kerusakan retina, dan penglihatan kabur.

Dengan kata lain, bunga ini bisa meningkatkan penglihatan pada malam hari dan secara umum melindungi mata dari potensi kerusakan.

2. Antioksidan dan Anti Inflamasi
Dilansir laman The Qi, bunga telang kaya akan senyawa antioksidan yang disebut ternatin. Ternatin tersebut terbukti bermanfaat dalam meredakan peradangan dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

Kandungan antioksidan termasuk kaempferol sebagai anti inflamasi, antimikroba, antivirus, serta Delphinidin-3,5-glucoside, yang terkandung di dalamnya juga dikenal bermanfaat dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, seperti melawan sel kanker.

3. Membantu Menstabilkan Kadar Gula Darah
Manfaat bunga telang berikutnya yaitu dalam membantu mengurangi risiko diabetes dan gejala terkaitnya.

Dalam jurnal tahun 2018 oleh Charoonsri Chusak, dkk dari Faculty of Allied Health Sciences, Chulalongkorn University, dari penelitian pada 15 pria menunjukkan bahwa meminum minuman yang mengandung ekstrak bunga telang akan meningkatkan kadar antioksidan serta menurunkan kadar gula darah dan insulin (terlepas dari kadar gula dalam minuman tersebut).

Bahkan dalam penelitian yang dilakukan oleh Poramin Chayaratanasin tahun 2015, melaporkan bahwa sifat antioksidan bunga telang juga bisa melindungi dari kerusakan sel dan komplikasi terkait diabetes.

Namun, studi lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagaimana bunga ini bisa mempengaruhi kontrol gula darah jangka panjang.

4. Mendukung Penurunan Berat Badan
Sebutan bunga kacang kupu-kupu ini juga bisa membantu upaya penurunan berat badan.

Dalam penelitian tahun 2019 oleh Poramin Chayaratanasin, dkk, dari Chulalongkorn University, penelitian tabung menunjukkan bahwa ekstrak bunga telang membantu memperlambat pembentukan sel lemak, dengan cara mengatur jalur tertentu yang terlibat dalam perkembangan sel.

Namun, perlu ada penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengevaluasi bagaimana bunga telang bisa mempengaruhi berat badan.

5. Membantu Mengobati Gangguan Pencernaan
Teh bunga telang juga bermanfaat dalam mengobati sistem pencernaan. Sifat anti-inflamasinya berperan dalam menenangkan otot perut, serta mengurangi mual dan gangguan pencernaan lainnya.

Pasalnya, sifat antelmintik di dalamnya membantu mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya. Sehingga, hal tersebut bisa merangsang aliran empedu dari hati yang kemudian bertindak sebagai pencahar ringan.

6. Baik untuk Kesehatan Pernafasan
Bunga telang termasuk pengobatan umum untuk penyakit pernafasan karena bersifat anti-inflamasinya. Kandungan tersebut berperan mengurangi iritasi paru-paru dan organ pernapasan lainnya.

Sebuah studi dari tahun 2018 oleh Niraj Kumar Singh, dkk, menemukan bahwa, karena khasiat tersebut, teh bunga telang bisa dianggap sebagai alternatif tobat terapi dalam mengobati asma dan alergi.

7. Mendukung Kesehatan dan Mempercantik Kulit
Produsen kosmetik sering menjadikan bunga telang dalam produknya, seperti serum perawatan kulit. Salah satu manfaat bunga telang untuk wajah yaitu mampu meningkatkan hidrasi kulit.

Martyna Zagórska-Dziok, dkk, dalam penelitiannya tahun 2021, menyebutkan bahwa ekstrak bunga telang bisa meningkatkan hidrasi kulit hingga 70% setelah satu jam.

8. Meningkatkan Kesehatan Rambut
Penelitian pada hewan tahun 2012 yang dilakukan oleh Naphatsorn Kumar, dkk, dari Chiang Mai University, Thailand, menemukan bahwa ekstrak bunga telang mungkin lebih efektif dalam meningkatkan pertumbuhan rambut daripada minoksidil (produk umum untuk mengatasi kerontokan rambut).

Karena punya banyak antioksidan, bunga telang mungkin juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan rambut dan kulit.

Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian, untuk memahami sepenuhnya bagaimana bunga telang dapat mempengaruhi hal tersebut.

Cara Konsumsi Bunga Telang

Bunga telang sering ditemukan dalam produk kosmetik, seperti hair mist, toner, sampo, dan bisa digunakan sebagai masker wajah.

Selain itu, bunga telang juga bisa diolah menjadi teh herbal, dengan rasa yang bersahaja dan warna tehnya yang biru cerah. Sehingga, disebut teh biru.

Selain sebagai teh, bunga telang juga bisa dicampur ke dalam sirup, puding, dan dessert lainnya sebagai pewarna alami biru.

Untuk mendapatkan manfaat bunga telang untuk kesehatan, kamu bisa mengkonsumsinya sebagai teh herbal. Berikut adalah cara mengolahnya:
  • Siapkan 1 sendok teh (4 gram) bunga telang kering.
  • Masukkan dalam 1 cangkir (240 mL).
  • Didihkan air tersebut dan biarkan teh terendam selama 10-15 menit.
  • Saring bunga keringnya.
  • Teh herbal dari bunga telang kamu bisa disajikan.
Untuk menambah rasanya, detikers juga bisa menambahkan sedikit madu, perasan lemon, atau air jeruk nipis.

Efek Samping Bunga Telang

Mengkonsumsi bunga telang itu aman, jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Meskipun belum ada penelitian yang membahas efek sampingnya, namun beberapa orang yang telah melaporkan masalah setelah mengkonsumsi bunga telang.

Berikut merupakan beberapa bahaya efek samping dari bunga telang:
  • Mual
  • Sakit perut
  • Diare
Dalam hal ini, perlu ada penelitian yang mendukung efek tersebut. Namun, jika detikers sedang mengonsumsi obat apa pun atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya, lebih baik untuk bicarakan dengan dokter sebelum menggunakan bunga telang ya.

Itu tadi penjelasan seputar manfaat bunga telang yang dalam beberapa penelitian, secara khusus menunjukkan khasiat dalam membantu kesehatan, seperti mengurangi kadar gula darah, meningkatkan penurunan berat badan, hingga menjaga kesehatan kulit.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "8 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan, Cara Konsumsi, dan Efek Sampingnya"