Hagia Sophia

23 August 2023

Ngantor di SCBD? Ini Ongkosnya Kalau Naik LRT dari Cibubur dan Bekasi

LRT Jabodebek/Foto: Pradita Utama

LRT Jabodebek bakal beroperasi mulai 30 Agustus 2023. Tarifnya sudah diumumkan pemerintah, dari ujung ke ujung di kisaran Rp 20 ribuan per orang.

Misalnya dari Stasiun Jatimulya yang merupakan pemberhentian terakhir di Bekasi ke Stasiun Dukuh Atas yang merupakan stasiun paling ujung di tengah Jakarta tarifnya mencapai Rp 23.900. Sementara itu dari Stasiun Harjamukti di ujung Cibubur ke Dukuh Atas tarifnya Rp 21.800.

detikcom mencoba membuat simulasi total ongkos masyarakat Cibubur dan Bekasi yang ngantor di Jakarta bila naik LRT Jabodebek setiap hari. Dalam simulasi ini, wilayah Sudirman jadi titik tujuannya, tepatnya di Kawasan SCBD.

Bagi warga Cibubur, titik keberangkatan LRT Jabodebek paling ujung ada Stasiun Harjamukti, untuk menuju ke Sudirman masyarakat harus naik LRT Jabodebek ke Stasiun Dukuh Atas terlebih dahulu dengan tarif Rp 21.800 per orang. Sama halnya warga Bekasi, untuk menuju Sudirman juga harus naik LRT Jabodebek ke Dukuh Atas, tarifnya Rp 23.900.

LRT Jabodebek Lanjut TransJakarta

Untuk menuju SCBD, dari Stasiun LRT Dukuh Atas, masyarakat perlu melanjutkan perjalanan dengan menyambung moda lain. Pilihannya cukup banyak, pertama ada bus TransJakarta yang haltenya dekat dengan Stasiun LRT Dukuh Atas.

Tarif TransJakarta Rp 3.500. Masyarakat bisa turun di Halte Polda Metro Jaya ataupun Gelora Bung Karno. Dari situ cukup berjalan sedikit sudah sampai di SCBD.

LRT Jabodebek Lanjut MRT

Selain TransJakarta, masyarakat juga bisa melanjutkan perjalanan dari Stasiun LRT Jabodebek Dukuh Atas menuju Stasiun MRT Dukuh Atas sekitar ratusan meter. Dari situ bisa melanjutkan perjalanan menggunakan MRT ke arah Lebak Bulus dan turun di Stasiun MRT Senayan, tarifnya Rp 5.000 per orang. Setelah tiba di Stasiun MRT Senayan jalan 500 meteran dan bisa sampai di SCBD.

LRT Jabodebek Lanjut Ojol

Dari Stasiun LRT Dukuh Atas masyarakat juga bisa langsung ke kawasan SCBD dengan naik ojek online (ojol) dengan tarif Rp 15 ribuan sekali jalan. Bila diakumulasikan bagi warga Cibubur, paling murah adalah menggunakan LRT Jabodebek kemudian menyambung TransJakarta, ongkosnya sekitar Rp 25.300 sekali jalan. Bolak-balik pulang pergi bisa mencapai Rp 50.600 per orang.

Sama halnya warga Bekasi, paling murah juga menggunakan LRT Jabodebek dan lanjut dengan TransJakarta dengan ongkos Rp 27.400 sekali jalan. Bila diakumulasikan pulang pergi menjadi Rp 54.800.

Perlu diketahui, ongkos yang dihitung pada simulasi ini belum termasuk ongkos transportasi menuju Stasiun LRT Harjamukti dan Jatimulya dari rumah masing-masing. Ongkos ini juga tidak menghitung biaya parkir bila ada masyarakat yang menyambung kendaraan pribadi dari rumah ke Stasiun LRT Jabodebek.



























Artikel ini telah tayang di finance.detik.com dengan judul "Segini Ongkos Ngantor di Sudirman Naik LRT Jabodebek dari Bekasi dan Cibubur"