Hagia Sophia

24 October 2023

Alami Penyumbatan Pembuluh Darah, Hotman Paris Pasang 3 Ring di Jantungnya

Hotman Paris. (Foto: Instagram: @hotmanparisofficial)

Hotman Paris baru-baru ini merayakan ulang tahunnya ke-64 yang jatuh pada 20 Oktober 2023. Di sela-sela perayaannya itu, pengacara kondang ini membagikan kondisi kesehatannya kepada publik dan mengaku belum lama ini pasang ring jantung.

Ia mengaku mengalami penyumbatan pembuluh darah hingga 70 persen. Penyakit ini diketahui saat melakukan CT scan dengan dokter setelah Hotman mengeluhkan sakit di bagian belakang telinganya. Hasil pemeriksaan menunjukkan ada pembuluh darah sudah merah tiga perempatnya dan ada pula yang sudah hampir putus.

"Jadi selama empat jam saya di ruang tindakan, ini diiket tangannya dimasukin alat, ada pengeboran. Yang saya takut itu ada yang hampir putus, setiap 15 menit nanya dokternya yang hampir putus udah belum," ungkap Hotman Paris saat ditemui di Jakarta, dikutip dari InsertLive.

"Mungkin, semua orang pasti ada penyumbatan (pembuluh darah) kalau umur sudah nambah. Cuma, volumenya meningkat," katanya lagi.

Dalam waktu 15 tahun terakhir, sang pengacara sudah tiga kali menempuh pemeriksaan pembuluh darah di Singapura. Kala itu, level penyumbatan selalu di bawah 30 persen. Kali terakhir diperiksa, penyumbatan melonjak hingga 70 persen.

Menyadari akan hal itu, Hotman merasa khawatir. Saat itulah, ia menyadari pentingnya medical check up atau pemeriksaan rutin untuk mengetahui perkembangan kondisi kesehatan dari waktu ke waktu.

Ia juga mulai menjaga kesehatan dan tak memforsir dirinya untuk bekerja.

"Jadi itu saran saya kepada orang-orang, walaupun tidak ada gejala, walaupun Anda langsing, selalu sering check up di CT Scan," kata Hotman.

"Saya tidak tahu, tapi dengan berjalan waktu makanan itu mengendap, jadi terjadi penyumbatan. Jadi saya ada tiga cincin, ring tiga. Harganya waktu itu biayanya hampir 500 juta," lanjutnya lagi.

Apa Itu Penyumbatan Pembuluh Darah?

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes), penyumbatan pembuluh darah atau disebut aterosklerosis menjadi dasar munculnya penyakit jantung koroner, penyakit stroke, serta dapat pula memperberat penyakit kronis lainnya seperti diabetes melitus, tekanan darah tinggi.

Penyakit ini bersifat kompleks dan dapat disebabkan oleh beberapa faktor ( multifaktorial) karena terjadi akibat akumulasi dari lemak, sehingga menyebabkan terjadinya proses inflamasi ( peradangan) pada dinding arteri ( pembuluh darah), dan dengan adanya kedua proses tadi juga diikuti dengan proses penimbunan lemak ( kolesterol).





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Curhat Hotman Paris Alami Penyumbatan Pembuluh Darah, Pasang 3 Ring Jantung"