Hagia Sophia

24 October 2023

BPJS Kesehatan Tanggung Pemasangan Ring Jantung Seperti Hotman Paris?

Hotman Paris. (Foto: Desi/detikHOT)

Pengacara kondang Hotman Paris baru saja menjalani operasi pemasangan ring jantung. Operasi tersebut dia lakukan karena mengidap penyumbatan pembuluh darah.

Dalam waktu 15 tahun terakhir, Hotman Paris sudah tiga kali menempuh pemeriksaan pembuluh darah di Singapura. Kali terakhir diperiksa, penyumbatan melonjak hingga 70 persen.

"Jadi saya ada tiga cincin, ring tiga. Harganya waktu itu biayanya hampir 500 juta," ungkap Hotman Paris saat ditemui di Jakarta, dikutip dari InsertLive.

Pemasangan ring jantung dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien. Pemasangan ring jantung berfungsi untuk meningkatkan aliran darah dan oksigen dengan memperbesar rongga pembuluh darah yang mengalami penyempitan atau penyumbatan.

Biaya pemasangan ring jantung pun tak murah. Namun apakah biaya pemasangan ring jantung bisa ditanggung BPJS Kesehatan?

Operasi pemasangan ring jantung sampai saat ini belum bisa dilakukan di semua rumah sakit. Untuk peserta BPJS Kesehatan, pasien bisa menjalani pemasangan ring jantung setelah ada rujukan dari fasilitas kesehatan.

"Ditanggung atau tidaknya menggunakan BPJS Kesehatan mengacu pada indikasi medis setelah melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan," tutur pihak BPJS Kesehatan, Senin (23/10/2023).

Biaya pemasangan ring jantung bisa dicover BPJS Kesehatan. Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bisa mengakses layanan pemasangan ring jantung setelah melakukan pemeriksaan awal di Faskes Tingkat 1 dan mendapat rujukan ke rumah sakit sesuai indikasi medis.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pasang Ring Jantung Seperti Hotman Paris, Bisa Ditanggung BPJS Kesehatan?"