Hagia Sophia

25 October 2023

Beberapa Penyebab yang Bikin BB Gagal Turun Saat Diet

Ilustrasi. Foto: Shutterstock

Diet untuk menurunkan berat badan memang tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Alih-alih berhasil memangkas BB, diet yang tidak sesuai dan tidak konsisten justru bisa memicu masalah pada tubuh.

Dikutip dari Healthshot, begini kesalahan yang paling sering dilakukan seseorang saat berusaha menurunkan berat badan:

1. Makanan tidak teratur
Tanpa perencanaan menu dan jam makan yang baik, seseorang cenderung lebih sering mengkonsumsi makanan di luar kebutuhan. Selain itu, perencanaan menu dan waktu makan bisa mencegah konsumsi makanan yang berlemak.

Selain itu ukuran porsi yang terkontrol dan pemilihan bahan yang tepat bisa membantu menurunkan berat badan.

2. Tidak menghitung kalori
Makan beberapa camilan di antara waktu sarapan dan makan malam dapat menambah banyak kalori setiap harinya. Menghitung asupan kalori yang masuk dan memastikan cukup minum air dapat membantu perjalanan diet.

3. Kurang tidur
Kesibukan yang padat sehari-hari mungkin seseorang kurang tidur, sehingga lmetabolisme tubuh tak bisa berjalan lancar. Akibatnya, seseorang rentan mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, karena kurang tidur meningkatkan nafsu makan.

Tidur enam sampai delapan jam tanpa gangguan sangat disarankan, sehingga tubuh dapat beristirahat dari ketegangan yang terjadi sepanjang hari.

4. Target diet tidak realistis
Menetapkan tujuan jangka panjang yang realistis sangat diperlukan. Ingin mengurangi bobot tubuh secara cepat mungkin menjadi harapan banyak orang, namun harapan tersebut tetap harus realistis.

Selain itu, penurunan berat badan merupakan proses yang cukup lambat dan bertahap sehingga penting untuk memasang target yang realistis.

5. Tidak membatasi porsi makan
Mengurangi ukuran porsi dari biasanya menjadi salah satu strategi bagi orang yang mencoba menurunkan berat badan, dan ini benar-benar berhasil jika dilakukan dengan benar. Namun begitu, bukan berarti seseorang harus mengkonsumsi makanan dalam porsi yang sangat kecil hingga merasa lapar terus-menerus.

Hal ini jelas tidak sehat karena saat kalori terlalu rendah, metabolisme melambat dalam upaya mempertahankan energi yang terbatas. Efeknya, penurunan berat badan akan lebih sulit tercapai.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pantesan BB Nggak Turun-turun! Ini 5 Kesalahan Paling Bikin Sering Gagal Diet"