Hagia Sophia

02 October 2023

Happy Asmara Disebut Kesurupan Saat Manggung, Ini Dari Sisi Medisnya

Happy Asmara mengaku kesurupan saat sedang manggung. (Foto: Tangkapan Layar)

Penyanyi Happy Asmara mengaku mengalami kesurupan saat sedang manggung di Ngopibareng Pintulangit, Pasuruan. Sebelum tampil di sebuah acara, pelantun Rungkad itu bercerita sempat syuting di lokasi yang terkenal horor.

"Jadi kemarin seharian, aku emang berada di tempat creepy dan hororrrr banget. Dr sore sampe malem di daerah surabaya. Pd rabu tanggal 27 september. Emang di daerah rumah itu katanya udh 11 tahun tdk di tempati karena si pemilik rumah meninggal sekeluarga akibat kecelakaan," ujar Happy di Instagram Stories miliknya.

Fenomena kesurupan sering kali dikaitkan dengan hal-hal mistis dan berbau gaib. Tidak sedikit yang percaya kesurupan terjadi karena makhluk halus mencoba memasuki tubuh manusia.

Dari sisi medis, kesurupan ternyata sudah dipelajari sejak lama. Kesurupan masuk ke dalam kategori dissociative trance disorder.

Dikutip dari laman ICD-11 for Mortality and Morbidity Statistic oleh WHO, kesurupan atau dissociative trance disorder termasuk gangguan jiwa yang ditandai dengan adanya perubahan nyata pada kondisi kesadaran individu dan rasa identitas pribadi yang biasa dimiliki individu digantikan oleh identitas 'kepemilikan' eksternal.

Kebanyakan keadaan kesurupan berlangsung singkat dan sementara serta terkait dengan pengalaman budaya dan agama. Pengalaman-pengalaman ini tidak dianggap patologis dan diagnosis tidak boleh ditegakkan berdasarkan kejadiannya.

"Keadaan kesurupan hanya boleh dianggap sebagai ciri-ciri gangguan mental jika keadaan tersebut tidak disengaja dan tidak diinginkan, tidak diterima sebagai bagian dari praktik budaya atau keagamaan kolektif, dan mengakibatkan penderitaan yang signifikan atau gangguan yang signifikan dalam hal pribadi, keluarga, sosial, pendidikan, pekerjaan, atau bidang fungsi penting lainnya," tulis laman tersebut.

Dalam sebuah jurnal di laman Frontier, sekelompok peneliti menemukan pasien skizofrenia juga kerap mengalami fenomena kesurupan yang mempengaruhi mereka dalam mencari bantuan medis.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Menguak Kesurupan dari Sisi Medis, Disebut Dialami Happy Asmara saat Manggung"