Hagia Sophia

02 October 2023

Benarkah Kopi Tidak Boleh Dikonsumsi oleh yang Punya Masalah Lambung? Ini Kata Pakar

Foto: Ilustrasi iStock

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling populer di Indonesia. Selain rasanya yang enak, kopi juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Adapun manfaatnya seperti meningkatkan energi, mengurangi risiko penyakit diabetes, meningkatkan kesehatan otak, hingga meningkatkan kesehatan hati.

Walaupun memiliki segudang manfaat, muncul informasi-informasi terkait kopi yang disebut tidak boleh dikonsumsi oleh orang-orang tertentu. Misalnya tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang memiliki masalah lambung seperti GERD. Apakah itu benar?

Berkaitan dengan hal tersebut, dokter spesialis penyakit dalam subspesialis hematologi onkologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof dr Zubairi Djoerban, SpPD-KHOM menjelaskan orang yang memiliki masalah lambung masih diperbolehkan untuk mengonsumsi kopi. Namun, orang tersebut harus mengetahui tingkat keterparahan masalah lambung yang ia alami.

"Tergantung sakit maagnya termasuk ringan, sedang, atau berat. Kalau ringan ya masih boleh saja. Kalau misalnya masuk sedang atau berat sebaiknya diobati dulu," ucap Prof Zubairi ketika dihubungi detikcom.

Prof Zubairi mengatakan bahwa pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter perlu dilakukan apabila masalah lambung masuk kategori sedang ataupun berat. Apabila kondisi lambung sudah membaik, maka minum kopi sudah diperbolehkan.

"Jadi ke dokter aja dulu mungkin dapat esomeprazole atau sirup sukralfat, kemudian kalau sudah enak atau nyaman boleh saja minum kopi," katanya.

"Yang penting mengonsumsinya jangan berlebihan ya, satu atau dua kopi sehari sih boleh banget. Terus kalau misalnya kopi ditambah gula boleh nggak? Boleh saja tapi maksimal gulanya satu sendok teh untuk satu cangkir kopi," pungkasnya.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Punya Riwayat GERD, Aman Nggak Ya Minum Kopi? Begini Penjelasan Dokter"