Hagia Sophia

14 November 2023

Awalnya Mengeluh Gatal, Ternyata Idap Kanker Pankreas

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Chinnapong)

Barbara Green (79) di Virginia, Amerika Serikat menceritakan pengalamannya berjuang melawan kanker. Kejadiannya bermula pada Juli 2022 ketika ia merasakan gatal di seluruh tubuhnya.

"Rasanya seperti gigitan serangga yang menyebar ke seluruh tubuh. Itu membuatku gila," ujar Barbara dikutip dari NY Post, Kamis (9/11/2023).

Melihat kondisinya itu, Barbara lantas membuat janji dengan seorang dokter. Tidak hanya gatal-gatal, ia menuturkan juga memiliki gejala lain seperti warna tinja terang dan urine berwarna gelap.

Hasil pemeriksaan darah menunjukkan tingkat enzim hati yang sangat tinggi. Selain itu CT scan juga menunjukkan adanya pertumbuhan pada pankreas. Setelahnya, ia didiagnosis mengidap kanker pankreas stadium 4 yang sudah menyebar ke organ lain di perutnya. Saat itu, ia diberitahu bahwa harapan hidupnya tinggal 8-11 bulan.

Awalnya Barbara merasa kebingungan dengan diagnosis tersebut. Terlebih, ia merasa selama ini menjalani pola hidup yang sehat.

"Saya tidak tahu ada yang salah dengan diri saya. Saya pikir saya baik-baik saja. Semua orang sepertinya menyadari bahwa kanker pankreas itu mematikan. Saya bahkan tidak mengetahuinya," ceritanya.

Rasa gatal bukanlah sebuah gejala umum dari kanker pankreas. Gejala lain dari kanker pankreas termasuk sakit perut atau punggung, gangguan pencernaan, kehilangan nafsu makan, mual atau muntah, kelelahan, dan penurunan berat badan. Barbara mengaku bersyukur, bahwa dokter yang menangani tidak mengabaikan gejala yang dialaminya.

"Saya tidak yakin semua dokter akan memahami hal ini. Saya pikir beberapa dari mereka mungkin menganggap saya orang gila," ujarnya.

Kanker yang menyebar membuat Barbara tidak dapat melakukan operasi. Untuk perawatan ia menjalani kemoterapi. Pada bulan lalu, tumornya sudah sangat kecil hingga nyaris tidak terlihat. Barbara juga mendapat obat-obatan oral dari dokter.

Meskipun Barbara dan dokternya tidak mengetahui persis sampai kapan ia bisa hidup, ia kini berhasil 'hidup lebih panjang' dari prediksi dokter sebelumnya.

"Ini situasi yang aneh ketika Anda siap untuk mati, tapi suatu hari Anda bangun dan berpikir, saya belum mati," pungkasnya.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Berawal dari Keluhan Gatal Biasa, Nenek Ini Ternyata Idap Kanker Pankreas"