Hagia Sophia

14 November 2023

Apa Saja Ciri-ciri Kolesterol Tinggi pada Wanita?

Ilustrasi ciri-ciri kolesterol pada wanita. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur)

Kolesterol tinggi merupakan kondisi saat kadar kolesterol di dalam darah melebihi batas normal. Apabila tak diobati segera, kolesterol bisa menumpuk di pembuluh darah hingga memicu risiko penyakit serius, seperti serangan jantung dan stroke.

Kolesterol sendiri berasal dari dua sumber, yaitu makanan dan organ hati. Pada dasarnya, tubuh membutuhkan kolesterol untuk menjalankan beberapa fungsi tubuh. Kolesterol terbagi menjadi dua jenis, yakni kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) dan kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL).

LDL bekerja dengan cara menumpuk kolesterol di pembuluh darah sehingga bisa memicu komplikasi serius.Karenanya, kolesterol ini kerap disebut kolesterol 'jahat'. Sementara kolesterol HDL bertugas membersihkan dan membuang LDL keluar menuju liver (hati).

Kolesterol tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala apapun. Seseorang yang mengidap kolesterol tinggi masih bisa melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa. Seseorang tersebut tidak akan mulai merasakan gejala apapun sampi kolesterol tinggi menyebabkan masalah di tubuh.

Meski penyakit ini dapat menyerang siapa saja dengan gejala yang sama, penting untuk menyadari apa saja ciri-ciri kolesterol tinggi pada wanita.

Ciri-ciri Kolesterol Tinggi pada Wanita

1. Mudah Merasa Lelah
Ciri-ciri kolesterol pada wanita yang pertama adalah gampang merasa kelelahan. Hal ini biasanya disebabkan penumpukan plak yang menghambat aliran darah ke sel dan jaringan tubuh.

Dikutip dari laman Johns Hopkins Medicine, plak adalah campuran dari lemak, kalsium, kolesterol dan produk buangan lainnya dari seluruh sel tubuh. Plak tersebut dapat menempel di dinding pembuluh darah, membuat pembuluh darah menjadi tersumbat dan menyempit.

2. Nyeri di Kaki dan Tangan
Selain menyebabkan penyumbatan pada aliran darah, kolesterol tinggi juga bisa membuat darah menjadi lebih kental. Hal ini membuat aliran darah pada saraf menjadi terganggu, sehingga bisa menimbulkan rasa sakit dan kebas pada kaki dan tangan.

3. Nyeri di Dada
Plak akibat kolesterol yang mengendap pada dinding pembuluh darah arteri dapat menyebabkan nyeri pada bagian dada. Rasa nyeri tersebut muncul akibat penumpukan plak yang menyebabkan berkurangnya aliran darah melalui arteri.

4. Xanthoma
Dikutip dari WebMD, xanthoma adalah kondisi berupa lesi pada kulit yang muncul akibat timbunan lemak. Selain di permukaan kulit, xanthoma juga bisa terjadi di organ dalam tubuh.

Lesi yang timbul akibat xanthoma umumnya tidak berbahaya. Namun, kondisi ini kerap menjadi gejala dari masalah kesehatan lain seperti diabetes atau kolesterol tinggi.

5. Lidah Berwarna Ungu
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kolesterol dapat memicu penumpukan plak di pembuluh darah yang membuat aliran darah menjadi terhambat. Ketika penyumbatan tersebut terjadi pada pembuluh darah yang mengalirkan darah dan oksigen ke lidah, maka dapat memicu kondisi lidah berwarna biru atau keunguan.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ciri-ciri Kolesterol Tinggi pada Wanita yang Tidak Boleh Disepelekan"