Hagia Sophia

14 November 2023

Tips untuk Hilangkan Kapalan di Kaki dengan Cepat dan Mudah

Cara mengatasi kapalan di kaki, Foto: Jmarchn/wikimedia commons.

Kapalan adalah lapisan kulit yang menebal dan keras akibat tekanan atau gesekan berulang. Salah satu penyebabnya adalah tekanan alas kaki yang terlalu sempit. Kapalan biasa terjadi di telapak kaki, terutama tumit dan jari kaki.

Kondisi kapalan tidak menimbulkan rasa sakit, namun cukup mengganggu kenyamanan dan penampilan kaki. Bagi yang sering mengalami kapalan pada kaki, jangan khawatir. Berikut cara menghilangkan kapalan di kaki di rumah

Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki

Berbagai cara mengatasi kapalan bergantung pada penyebabnya. Jika kapalan pada kaki disebabkan oleh tekanan akibat penggunaan high heels, maka penggunaannya harus dihentikan.

Selanjutnya kapalan bisa diatasi dengan cara berikut, sehingga kulit kaki kembali lembut dan sehat.

1. Menggunakan air hangat
Cara menghilangkan kapalan di kaki paling mudah adalah dengan menggunakan air hangat. Dilansir dari Healthline, kaki yang kapalan direndam lebih dulu dalam air hangat selama 20 menit. Setelah itu, gosok kapalan menggunakan jari tangan dan batu kapung dengan perlahan.

2. Menggunakan cuka apel
Menurut Healthline, kandungan asam pada cuka apel dapat melunakkan kulit kapalan yang mengeras. Untuk menerapkan cara ini, air dan cuka apel bisa dicampur dengan perbandingan 4:1. Campuran ini digunakan untuk merendam kaki selama 20 menit.

3. Menggunakan tea tree oil
Tea tree oil mengandung bahan anti-bakteri, anti-jamur, dan antiseptik alami. Tak heran, bila bahan ini digunakan untuk mengatasi kapalan di rumah dengan cepat. Tea tree oil yang dicampur air hangat ini digunakan untuk merendam kapalan selama 10-15 menit. Durasi rendaman janga telalu lama karena dapat merusak lapisan kulit.

4. Menggunakan krim pelembab
Kulit yang terkena kapalan biasanya memiliki tekstur yang kasar dan keras. Sebab itu, Anda dapat mengaplikasikan pelembab yang mengandung amonium laktat, urea, dan asam salisilat. Kandungan tersebut dinilai dapat membantu melembutkan kulit kapalan secara perlahan.

5. Menggunakan plester atau gel penghilang kapalan
Plester atau gel penghilang kapalan mengandung asam salisilat. Sebelum menggunakan plester atau gel ini, kaki yang terkena kapalan harus bersih. Selain itu, salep atau gel digunakan sesuai resep dari dokter dan aturan pakai dalam bungkus sirup.

6. Menggunakan campuran baking soda dan air lemon
Campuran baking soda dan air lemon dapat menghasilkan komponen asam yang melarutkan kapalan. Untuk menerapkan metode ini, detikers bisa merendam kaki yang kapalan dalam air hangat dicampur 2-3 sendok air lemon. Setelah itu masukkan baking soda secukupnya.

7. Menggunakan garam epsom
Garam epsom merupakan bahan eksfoliator alami yang ampuh untuk menghilangkan kapalan di kaki. Caranya, Anda bisa mencampurkan 2-3 sendok makan garam epsom ke dalam, kemudian rendam kaki yang kapalan selama beberapa menit.

Berbeda dengan garam dapur, garam epsom tidak digunakan untuk memasak. Rasa garam epsom sedikit lebih pahit dengan kandungan magnesium sulfat (MgSO4). Garam epsom biasa digunakan untuk mandi dan berendam.

8. Menggunakan nanas
Dikutip dari buku 252 Tips Seputar Kesehatan, nanas mengandung enzim bromelin yang dapat melembutkan kapalan. Kaki yang kapalan bisa direndam lebih dulu dalam air panas selama 20 menit. Setelah itu kaki dikeringkan dan ditempel nanas segar semalaman. Sebelumnya, pastikan kaki dalam keadaan bersih.

9. Menggunakan ampelas
Ampelas yang dimaksud di sini adalah khusus untuk kaki. Untuk mengaplikasikannya, kamu perlu merendam kaki di air sebentar. Kemudian ampelas bagian kaki yang kapalan secara lembut dan perlahan. Dengan begitu, lapisan kapalan akan terlepas dari kulit kaki.

10. Menggunakan callus pad
Callus pad merupakan bantalan khusus untuk kaki kapalan yang terbuat dari kain berbahan kempa, silikon, dan perekat lembut. Callus pad tidak berfungsi untuk mengobati, melainkan melindungi area tumit dan mata kaki yang terkena kapalan dari tekanan dan gesekan. Dengan begitu, proses penyembuhan kapalan di kaki bisa menjadi lebih cepat.

Cara menghilangkan kapalan di kaki ini bisa cepat memberi hasil, jika dilakukan dengan tepat. Misal saat kapalan belum terlalu tebal serta tidak mengulang berbagai hal yang bisa menyebabkan kapalan.

Tentunya detikers wajib waspada jika kapalan tidak kunjung membaik, atau justru makin buruk. Apalagi bila disertai kondisi perburukan lain yang tidak ada sebelumnya.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "10 Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki dengan Cepat di Rumah"