Hagia Sophia

14 November 2023

Beberapa Tips untuk Menjaga Kesehatan Otak

Ilustrasi. Foto: thinkstock

Ada sejumlah cara yang bisa diupayakan untuk menjaga kesehatan otak. Mulai dari menjaga asupan makanan, rutin berolahraga, hingga melakukan teknik dan game tertentu untuk meningkatkan kemampuan kerja otak.

Konsultan Neuroscience di Children of Earth Skincare, Dr Jennifer Newson PhD, menjelaskan bahwa pada dasarnya, kemampuan fungsi otak amat bergantung pada pengalaman. Artinya, sebagian besar kesehatan otak seseorang ditentukan oleh lingkungan tempat tinggal dan pengalaman hidup yang pernah dilalui.

"Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan otak seseorang mulai dari pola makan dan konsumsi makanan olahan, hingga seberapa teratur mereka berolahraga dan seberapa baik mereka tidur," terang dr Newson dikutip dari Mirror News UK, Sabtu (12/11/2023).

"Kita juga hidup di lingkungan kimia yang semakin banyak dibuat oleh manusia dan hal ini telah terbukti bahwa beberapa bahan kimia berbahaya yang ditemukan dalam produk yang biasa digunakan dapat melewati penghalang darah-otak, sehingga berpotensi mengganggu fungsi dan kesehatan otak," imbuhnya.

Lebih lanjut menurutnya, kesehatan otak mempengaruhi cara seseorang berpikir, merasa, dan bertindak. Tentu, hal ini ditopang oleh beberapa faktor seperti mengkonsumsi makanan sehat, berolahraga teratur, tidur cukup, dan mempelajari pengetahuan dan keterampilan baru.

Namun di samping itu, ada juga beberapa hal yang bisa dicoba untuk membuat otak tetap 'awet muda' sehingga kesehatannya terjaga. Apa saja?

Meditasi
Meditasi 30 menit sehari dapat membantu menjaga otak tetap muda dan sehat. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Behavioral Brain Research menunjukkan bahwa meditasi setiap hari selama delapan minggu dapat membantu mengurangi perasaan negatif dan kecemasan; dan meningkatkan perhatian, memori kerja, dan memori.

Makan makanan yang sehat dan seimbang
Asupan makanan yang kaya akan vitamin dan nutrisi dapat membantu meningkatkan kesehatan otak. Dr Newton menjelaskan, dengan mengurangi jumlah makanan olahan dan meningkatkan asupan makanan tinggi nutrisi seperti asam lemak omega-3, flavonoid, vitamin B, D, dan E, serta kolin fungsi kognitif otak akan meningkat.

Perbanyak Aktivitas Fisik
Olahraga teratur sangat bagus untuk kesehatan kognitif, serta kesehatan fisik kita. Temuan dari Journal of Physiology menunjukkan bahwa hanya enam menit latihan intensitas tinggi dapat memperpanjang umur otak yang sehat.

Tidak harus dengan olahraga berat. Aktivitas sesimpel membersihkan rumah dengan semangat, atau sekadar menari di ruang tamu juga bisa berpengaruh terhadap kesehatan otak.

Tidur cukup
Sebuah studi yang dilakukan oleh Nature Aging menyebut bahwa tujuh jam tidur setiap malam adalah jumlah optimal untuk kesehatan kognitif yang baik.

Bergaul
Dr Newson menjelaskan, keterlibatan sosial dan membangun hubungan dekat dengan keluarga, teman, dan komunitas merupakan kebiasaan gaya hidup yang baik untuk menjaga kesehatan otak.

"Bersosialisasi dapat merangsang perhatian dan memori, serta membantu memperkuat jaringan saraf," tertera dalam penelitian yang diterbitkan oleh Harvard Health.

Lakukan Kegiatan Intelektual
Untuk meningkatkan kemampuan kerja otak, cobalah lakukan game seperti memecahkan teka-teki,, membaca buku, mencoba hobi baru, atau bermain video game. Seperti dijelaskan Dr Newson, aktivitas ini tidak hanya menimbulkan kesenangan, namun juga meningkatkan daya ingat dan keterampilan berpikir.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Cara Bikin Otak 'Awet Muda', Bikin Sehat Sekaligus Tingkatkan Kecerdasan"