Hagia Sophia

26 November 2023

Binaragawan di Brasil Meninggal Usai Alami Perdarahan Hati

Foto ilustrasi: Getty Images/Yuri_Arcurs

Seorang binaragawan di Brasil meninggal dunia setelah mengalami perdarahan hebat akibat tumor hati. Pria bernama Rodolfo Duarte Ribeiro dos Santos itu meninggal di rumah sakit pada 19 November 2023.

Beredar rumor bahwa kematian atlet sekaligus influencer itu disebabkan oleh penggunaan steroid anabolik. Namun, klinik di Sao Paulo, Brasil, yang menangani dos Santos membantahnya.

"Dos Santos mengalami serangan jantung setelah perdarahan yang disebabkan oleh adenoma hati," kata pihak klinik yang dikutip dari The Sun, Jumat (24/11/2023).

Adenoma merupakan tumor jinak yang terjadi pada jaringan kelenjar. Diketahui, pria yang memiliki gelar di bidang Kedokteran Olahraga dan Fisiologi Latihan dari Universitas Federal São Paulo itu sempat mendapatkan perawatan karena tumbuhnya tumor jinak tersebut.

Namun, akibat perdarahan yang hebat di livernya, terjadilah serangan jantung. Dos Santos dimakamkan sehari setelah kematiannya.

Dos Santos meninggal dua bulan setelah melamar kekasihnya, Caroline Sanches, yang juga seorang binaragawan. Ia juga bekerja di klinik kedokteran olahraga dan farmakologi mendiang calon suaminya sebagai ahli gizi.

"Tunanganku, cinta dalam hidupku, dokterku, segalanya bagiku, duniaku," tulis Sanches.

Seorang teman Dos Santos juga menuliskan pesan terakhir untuk sahabatnya itu. Menurutnya, Dos Santos adalah pria yang hebat.

"Dia melakukan yang terbaik yang dia bisa sepanjang waktu, sedikit pemalu, sedikit tertutup, lalu Anda mengenalnya, lihat betapa hebatnya dia," ungkapnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Influencer Kebugaran Brasil Meninggal Kena Serangan Jantung usai Perdarahan Hati"