Hagia Sophia

26 November 2023

Ini Rahasia Awet Muda Ibu Negara Korsel

Kim Keon Hee, istri Presiden Korea Selatan yang saat ini tengah menjadi sorotan (Foto: Dok. AP)

Penampilan Ibu Negara Korea Selatan, Kim Keon Hee, saat berkunjung ke Inggris bersama suaminya, Presiden Yoon Suk Yeol, menjadi sorotan publik dan media. Tak sedikit warga Inggris yang kagum dengan kecantikan dan awet muda Kim Keon Hee di usia 51 tahun.

Saking kagumnya, banyak yang penasaran soal perawatan wajah yang dilakukan Kim Keon Hee agar tetap awet muda. Memang apa sih rahasianya?

Seorang dokter kulit kosmetik ternama di Dubai, Einas Mousa, berpendapat, penampilan Ibu Negara Korsel itu mungkin berkat kombinasi berbagai perawatan kosmetik non-invasif. Misalnya, seperti prosedur filler wajah dan botox untuk mendapat tampilan wajah yang diremajakan tanpa perlu operasi.

"Perawatan ini dapat membantu menyamarkan garis-garis halus dan mengembalikan volume, sehingga memberikan penampilan awet muda secara alami," kata pendiri Perla Dermatology Clinic, klinik kecantikan di Uni Emirat Arab ini, dikutip dari Daily Mail.

Iia juga berpendapat bahwa penampilan Kim Keon Hee bak ABG di usia 51 tahun itu mungkin disebabkan oleh riasan yang lebih minimalis dan perawatan kulit yang rutin. Selain itu, faktor gaya hidup yang baik, seperti menjaga pola makan seimbang, olahraga teratur, dan banyak minum air putih, berkontribusi signifikan dalam menjaga penampilan awet muda.

Pakar kecantikan Inggris, Laura Kay, juga mengatakan hal serupa. Menurutnya, Kim Keon Hee tampil dengan tren 'undone beauty', yakni tren kecantikan menggunakan pendekatan 'less is more' dengan riasan sederhana yang hanya sedikit mempertegas bagian mata dan bibirnya.

Rambut Kim Keon Hee juga ditata dengan gaya polos agar tidak mengalihkan perhatian dari kulitnya yang bercahaya. Rutinitas kulit harian juga harus menjadi prioritas utama, dengan produk perawatan kulit kelas medis yang mahal disebutkan menjadi salah satu bagian dari rahasia kecantikannya.

"Dengan perubahan halus, Anda benar-benar dapat memutar balik waktu agar terlihat awet muda dan segar," ujar Kay.

Cara Awet Muda yang Mudah Dilakukan

Di sisi lain, penuaan merupakan proses alami yang terjadi pada semua orang. Hal ini bisa terjadi akibat sejumlah faktor, salah satunya pertambahan usia. Biasanya kulit akan kehilangan elastisitasnya karena faktor usia, sehingga tanda-tanda penuaan pun bermunculan, mulai dari garis halus, keriput, hingga bercak atau flek pada kulit.

Meski demikian, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tanda-tanda dari proses penuaan dini tersamarkan dan tetap terlihat awet muda. Dikutip American Academy of Dermatology Association, berikut caranya.

1. Menggunakan Sunscreen
Rahasia awet muda yang paling utama adalah rajin menggunakan sunscreen alias tabir surya. Hal ini dikarenakan sinar UV dari matahari dapat merusak kulit dan membuat tanda-tanda penuaan muncul lebih cepat.

Karena itu, penting untuk menggunakan sunscreen minimal SPF 30 atau lebih. Bahkan di dalam rumah pun, seseorang harus menggunakan sunscreen karena sinar matahari yang masuk melalui jendela tetap bisa merusak kulit.

2. Berhenti Merokok
Merokok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang bisa mempercepat penuaan kulit. Bahkan bisa menyebabkan kulit keriput, kusam, dan pucat.

3. Konsumsi Makanan Sehat
Temuan dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi banyak buah dan sayuran segar dapat membantu mencegah kerusakan yang menyebabkan penuaan dini pada kulit.

Selain itu, pola makan yang banyak mengandung gula atau karbohidrat olahan lainnya dapat mempercepat penuaan.

4. Olahraga
Cobalah untuk berolahraga secara rutin, setiap hari dalam seminggu. Menurut beberapa penelitian, olahraga ringan dapat meningkatkan sirkulasi dan sistem kekebalan tubuh, yang dapat membuat kulit tampak lebih muda.

5. Membersihkan Kulit Wajah Secara Rutin
Perawatan kulit tidak harus mahal. Cukup membersihkan wajah minimal 2 kali sehari dan menggunakan pelembap. Jangan lupa juga membersihkan kulit secara lembut untuk menghindari terjadinya iritasi.

Sebab, iritasi kulit dapat mempercepat penuaan kulit pada wajah.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dokter Kecantikan 'Spill' Rahasia Awet Muda Ibu Negara Korsel, Glowing di Usia 51"