Hagia Sophia

02 November 2023

Kasus Anak Mati Otak Usai Operasi Amandel Berakhir Damai

Foto: Atta Kharisma/detikHealth

Kasus anak mati batang otak yang dialami pasien (BA) berusia 7 tahun pasca operasi amandel berujung damai. Sempat disorot publik, pihak RS Kartika Husada melalui kuasa hukumnya, Husni Farid Abdat, mengaku telah selesai menjalani proses investigasi.

"Proses ini dilakukan sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku, dan kami berterima kasih atas profesionalisme yang ditunjukkan oleh Polri," sebutnya dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom Rabu (1/11/2023).

Penyelesaian secara kekeluargaan disebut Husni mengedepankan kepentingan semua pihak.

"Penyelesaian ini merupakan langkah yang diambil demi menciptakan kedamaian dan menghormati kepentingan semua pihak yang terlibat," beber Husni.

"Kami percaya bahwa penyelesaian ini adalah langkah yang bijaksana dan merupakan upaya untuk menjaga hubungan yang harmonis antara pihak keluarga dan Rumah Sakit Kartika Husada. Tentunya, tidak ada pihak manapun yang menginginkan hal ini terjadi pada pasien," sambungnya.

Pihak RS Kartika Husada mengaku kejadian meninggalnya pasien BA menjadi pembelajaran dan evaluasi ke depan. Hal ini sejalan dengan catatan dan arahan yang diterima dari Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan, Organisasi Profesi Dokter/Rumah Sakit/Perawat.

"Sedangkan terkait proses hukum yang saat ini sedang berjalan di Kepolisian Daerah Metro Jaya atas pelaporan pihak keluarga terhadap RS Kartika Husada Jatiasih, pihak keluarga Alvaro juga telah menyampaikan kepada pihak Kepolisian tentang adanya penyelesaian secara kekeluargaan yang telah disepakati oleh keluarga dan RS. Kartika Husada Jatiasih tersebut," pungkas Husni.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Babak Baru Kasus Anak Mati Otak usai Operasi Amandel, Berakhir Damai"