Hagia Sophia

02 November 2023

Kadar Kolesterol Normal pada Pria dan Wanita

Ilustrasi batas normal kolesterol. (Foto: Thinkstock)

Berapa sih batas kadar kolesterol normal pada pria dan wanita? Sebab kadar kolesterol normal umumnya dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti usia, berat badan, dan jenis kelamin. Artinya, kadar normal kolesterol untuk wanita dan pria berbeda.

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi bisa memicu sejumlah penyakit, seperti penyempitan pembuluh darah, penyakit jantung, hingga stroke. Karena itu, penting untuk rutin melakukan pengecekan guna memastikan kadar kolesterol dalam tubuh berada di batas normal. American Heart Association pun merekomendasikan agar kita rutin memeriksa kadar kolesterol setiap 4-6 tahun sekali apabila sudah berusia di atas 20 tahun.

Lantas, berapa sih batas normal kolesterol yang seharusnya dimiliki tubuh? Sebelum dibahas lebih lanjut, yuk kenali dulu jenis kolesterol yang ada dalam tubuh.

Kolesterol Baik dan Jahat

Ada dua jenis kolesterol dalam tubuh manusia, yakni kolesterol baik (High Density Lipoprotein/HDL) dan kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein/LDL). Kolesterol baik berfungsi untuk mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah akibat lemak atau yang dikenal juga dengan ateroma.

Di sisi lain, kolesterol jahat merupakan salah satu faktor utama yang dapat memicu ateroma. Selain kedua jenis kolesterol tersebut, ada lemak dalam bentuk lain dalam darah yang disebut dengan trigliserida. Lemak ini memiliki fungsi untuk menyimpan kalori dan menyediakan energi bagi tubuh.

Batas Normal Kolesterol dalam Tubuh

Sama halnya seperti tekanan darah dan gula darah, kadar kolesterol harus dikontrol secara rutin agar tidak memicu penyakit. Jika kadar kolesterol dalam tubuh terlalu tinggi, maka bisa menimbulkan gangguan seperti penyakit jantung dan stroke.

Dikutip dari laman Healthline, berikut tingkatan kolesterol berdasarkan jumlah mg/dL (miligram per desiliter):

1. Baik
Total kolesterol kurang dari 200 mg/dL, HDL 60 mg/dL atau lebih, LDL di bawah 100 mg/dL, dan trigliserida kurang dari 149 mg/dL.

2. Ambang batas hingga cukup tinggi
Total kolesterol 200-239 mg/dL, LDL di rentang 130-159 mg/dL, dan trigliserida di rentang 150-199 mg/dL.

3. Tinggi
Total kolesterol 240 mg/dL ke atas, HDL 60 mg/dL atau lebih tinggi, LDL 160 mg/dL atau lebih tinggi (190 mg/dL masuk kategori sangat tinggi), dan trigliserida di angka 200 mg/dL atau lebih tinggi (500 mg/dL terkategori sebagai sangat tinggi).

4. Rendah
Kadar HDL kurang dari 40 mg/dL (pria) atau 50 mg/dL (wanita).

Batas Normal Kolesterol Berdasarkan Usia dan Jenis Kelamin

Secara umum, batas normal kolesterol dapat ditentukan berdasarkan faktor usia dan jenis kelamin. Berikut jumlah kadar kolesterol yang perlu dijaga pada pria dan wanita:

1. Pria
  • Usia di bawah 19 tahun
    Untuk pria berusia di bawah 19 tahun, kolesterol normal yang dianjurkan adalah kurang dari 170 mg/dL, dengan HDL lebih dari 45 mg/dL dan LDL kurang dari 110 mg/dL.
  • Usia 20 tahun ke atas
    Untuk pria berusia 20 tahun ke atas, batas normal kolesterol yang disarankan adalah 125-200 mg/dL, dengan HDL lebih dari 40 mg/dL dan LDL kurang dari 100 mg/dL.
2. Wanita
  • Usia di bawah 19 tahun
    Untuk wanita berusia di bawah 19 tahun, jumlah kolesterol yang disarankan adalah kurang dari 170 mg/dL, dengan HDL lebih dari 45 mg/dL dan LDL kurang dari 110 mg/dL.
  • Usia 20 tahun ke atas
    Untuk wanita yang sudah berusia 20 tahun atau lebih, jumlah kolesterol yang disarankan yakni 125-200 mg/dL, dengan HDL lebih dari 40 mg/dL dan LDL kurang dari 100 mg/dL.

Cara Menurunkan Kadar Kolesterol

Jika hasil pemeriksaan menunjukkan kadar kolesterol yang tinggi, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menurunkannya, antara lain:
  • Perbanyak berolahraga atau beraktivitas fisik
  • Berhenti merokok
  • Jaga berat badan ideal
  • Konsumsi makanan yang bisa menurunkan kolesterol, seperti ikan, oatmeal, dan kacang-kacangan
  • Batasi konsumsi makanan seperti daging merah, sodium, dan makanan yang mengandung pemanis buatan
  • Perbanyak konsumsi makanan berserat
  • Mengatasi kondisi hipertensi dan gula darah tinggi
  • Mengelola stres





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ternyata Segini Batas Kadar Kolesterol Normal pada Wanita dan Pria"