Hagia Sophia

18 December 2023

Beberapa Herbal Alami Ini Bisa Bantu Kurangi Kadar Kolesterol dalam Darah

Ilustrasi kolesterol. (Foto: shutterstock)

Sudah menjadi rahasia umum, jika kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) berlebih dalam tubuh dapat mengancam kesehatan tubuh. Kadar kolesterol yang tinggi bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit kardiovaskular.

Kolesterol jahat dapat menumpuk di arteri, menghalangi aliran darah ke jantung yang berpotensi menyebabkan serangan jantung atau stroke.Selain itu, kini bukan hanya orang dewasa, usia remaja bahkan anak-anak pun bisa memiliki kadar kolesterol tinggi.

Namun tak perlu cemas selain pengobatan dan perubahan gaya hidup, ternyata herbal tertentu bisa membantu menurunkan kolesterol. Dikutip dari Medical News Today, inilah beberapa herbal alami yang terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

1. Kemangi
Kemangi yang memiliki citarasa sedikit pedas dan pahit ini bisa membantu mengurangi kadar kolesterol tinggi. Menurut salah satu studi di tahun 2018, kemangi mempengaruhi orang dewasa berusia 40 tahun ke atas dengan gangguan metabolisme.

Selain itu, ditemukan bahwa mengonsumsi dosis yang lebih tinggi berhasil menurunkan kadar kolesterol. Namun, para peneliti mencatat efeknya bersifat jangka pendek.

2. Jahe
Herbal yang sering dimanfaatkan sebagian besar orang ini, telah lama dipercaya bisa mengatasi beberapa keluhan dalam tubuh. Salah satu manfaatnya yakni bisa membantu menurunkan kolesterol jahat.

Studi menunjukkan bahwa jahe kurang dari dua gram per hari, mampu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol LDL.

3. Kunyit
Tak hanya biasa digunakan sebagai bumbu masakan, kunyit juga kerap dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional. Bahkan herbal yang memiliki warna kuning khas ini juga bisa menurunkan risiko seseorang terkena penyakit kardiovaskular.

Pada sebuah studi 2017, para peneliti menemukan bahwa kunyit dan kurkumin dapat melindungi pasien yang berisiko terkena penyakit kardiovaskular dengan meningkatkan kadar lemak serum.

4. Rosemary
Rosemary terbukti memiliki beberapa efek positif pada kadar kolesterol seseorang. Menurut penelitian 2014, orang yang setiap hari mengonsumsi 2,5 atau 10 gram bubuk rosemary mengalami penurunan kadar kolesterol total.

Bahkan peneliti tersebut menyarankan untuk mengonsumsi rosemary, karena bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan kondisi kronis lainnya.

5. Fenugreek
Sebuah studi menunjukkan, fenugreek dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Bahkan di tahun 2020, para peneliti menemukan bukti penggunaan herbal ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol pada penderita diabetes.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Terbukti Lewat Studi, 5 Bahan Ini Terbukti Bisa Bantu Turunkan Kolesterol"