Hagia Sophia

18 December 2023

Liga Inggris: Arsenal Kalahkan Brighton 2-0

Momen gol dari Gabriel Jesus yang memecah kebuntuan Arsenal melawan Brighton. (Foto: REUTERS/DYLAN MARTINEZ)

Arsenal mengalahkan Brighton & Hove Albion 2-0 dalam lanjutan Liga Inggris. Meriam London pada laga ini sebetulnya banyak buang peluang.

Arsenal vs Brighton & Hove Albion berlangsung di Emirates Stadium, Minggu (17/12/2023) malam WIB. Kedua tim bermain imbang tanpa gol di babak pertama.

Kerja keras Arsenal baru menghasilkan di babak kedua. Gabriel Jesus dan Kai Havertz mencetak gol untuk membawa Arsenal menang 2-0.

Hasil ini membuat Arsenal untuk sementara naik ke puncak klasemen Liga Inggris dengan 39 poin. Posisi Arsenal bisa tergusur andai Liverpool dalam beberapa jam ke depan mampu mengalahkan Manchester United.

Jalannya Pertandingan

Meriam London mampu menciptakan kemelut di kotak penalti Brighton di awal-awal laga. Namun, barisan pertahanan tim tamu dapat mengantisipasi semua ruang tembak Arsenal.

Kemelut kembali terjadi di kotak penalti Brighton pada menit ke-13. Kerja sama Declan Rice dengan Bukayo Saka masih bisa diblok lawan.

Gabriel Jesus melepaskan percobaan di depan kotak penalti pada menit ke-18. Bola mengarah ke gawang,, tapi masih bisa ditangkap kiper Bart Verbruggen.

Usaha Arsenal kembali gagal berbuah gol di menit ke-22. Bola sundulan dari Gabriel Magalhaes masih bisa ditangkap Verbruggen.

Peluang emas Arsenal terbuang di menit ke-31. Sebuah umpan tarik dari Saka gagal dengan baik disambar Gabriel Martinelli di saat gawang lawan sudah kosong.

Arsenal terus menggempur Brighton sepanjang babak pertama. Tim tamu sampai tak mampu melepaskan percobaan, namun skor 0-0 bertahan sampai turun minum.

Arsenal kembali menekan Brighton sejak awal babak kedua. Barisan belakang Brighton beberapa kali melakukan kesalahan, namun tak bisa dimanfaatkan dengan baik oleh The Gunners.

Arsenal akhirnya memimpin 1-0 di menit ke-53. Gabriel Jesus mencetak gol lewat sundulan usai memanfaatkan situasi dari sepak pojok.

Brighton mampu melepaskan percobaan pertamanya yang langsung mengarah ke gawang di menit ke-63. Jack Hinshelwood menanduk bola dari hasil umpan silang, tapi arahnya masih tepat ke David Raya.

Arsenal nyaris menggandakan skor di menit ke-69. Ben White sukses menyundul umpan dari sepak pojok dan bola mengarah ke gawang, tapi berhasil disapu Lewis Dunk tepat di garis.

Verbruggen bikin penyelamatan gemilang di menit ke-74. Dia menepis bola tembakan jarak dekat dari Odegaard.

Gawang Arsenal nyaris bobol di menit ke-82. Pascal Gross menyontek hasil umpan silang dari Kaoru Mitoma, tapi arah bola masih tipis melebar dari target.

Semenit berselang Declan Rice gagal memanfaatkan peluang. Bola tembakannya dari jarak dekat masih mampu digagalkan kaki Verbruggen.

Arsenal akhirnya bisa mencetak gol lagi di menit ke-87. Umpan daerah dari Eddie Nketiah berhasil dituntaskan oleh Kai Havertz. Arsenal pun menang 2-0.

Susunan Pemain

Arsenal: David Raya, White, Saliba, Gabriel, Zinchenko; Rice, Odegaard, Havertz, Saka, Gabriel Martinelli, Gabriel Jesus.

Brighton: Verbruggen, Veltman, Van Hecke, Dunk, Milner; Gilmour, Gross; Lallana, Adingra, Mitoma, Ferguson.




























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Arsenal Vs Brighton: Meriam London Ledakan The Seagulls"