Hagia Sophia

29 January 2024

Beberapa Tips untuk Hilangkan Jerawat Secara Alami

Ilustrasi jerawat di wajah. Foto: Shutterstock

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang umum dialami banyak orang, terutama oleh remaja. Munculnya jerawat kerap membuat orang merasa malu dan tidak percaya diri.

Sebenarnya, jerawat bisa diatasi dengan mudah menggunakan obat-obatan atau skincare tertentu. Namun, detikers juga bisa menyembuhkan jerawat menggunakan bahan alami.

Penggunaan bahan herbal diklaim lebih aman untuk kulit wajah. Sebab, produk obat-obatan maupun skincare mengandung bahan kimia yang mungkin tidak cocok untuk semua orang, sehingga dapat menimbulkan efek samping.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan bahan-bahan alami? Simak selengkapnya dalam artikel ini.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Ada cara alternatif untuk menghilangkan jerawat, yakni dengan menggunakan bahan-bahan alami. Mengutip situs Medical News Today, berikut sejumlah cara menghilangkan jerawat dengan bahan herbal.

1. Lidah Buaya
Cara yang pertama adalah dengan menggunakan lidah buaya. Gel pada lidah buaya dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan jerawat karena mengandung polifenol.

Selain itu, gel lidah buaya juga dapat mengobati sejumlah penyakit lainnya, mulai dari luka lecet, ruam, luka bakar, hingga peradangan.

Cara pakainya juga mudah, cukup oleskan gel lidah buaya ke wajah secara menyeluruh. Tunggu selama 30 menit, setelah itu bilas dengan air bersih.

2. Cuka Apel
Cuka apel sudah dikenal sejak lama dapat membantu merawat kulit wajah. Kandungan antiseptik alami di cuka apel berkhasiat membunuh bakteri penyebab jerawat. Akan tetapi, karena cairan ini cukup kuat maka jangan terlalu sering digunakan.

Cara pakainya, cukup oleskan cuka apel ke seluruh wajah menggunakan kapas, setelah itu diamkan selama 5 menit. Kemudian bilas wajah menggunakan air bersih.

3. Tea Tree Oil
Tea tree oil memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, sifat antiinflamasi pada tea tree oil juga dapat membantu mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada jerawat terbuka.

Cara penggunaannya cukup mudah, yakni dengan mencampur 1 sendok tea tree oil dan 9 sendok air ke dalam wadah, kemudian oleskan ke wajah menggunakan kapas. Lakukan cara tersebut sebanyak 2 kali sehari saat pagi dan malam.

4. Madu
Madu dikenal punya banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya dapat menghilangkan jerawat. Sebab, madu memiliki sifat antibakteri yang dapat mengurangi peradangan. Meski begitu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengungkap khasiat tersebut.

Untuk cara pakaianya, cukup ambil madu secukupnya, lalu oleskan madu ke area jerawat secara perlahan. Cara lainnya adalah dengan membeli masker wajah yang mengandung madu.

5. Bawang Putih
Selain digunakan sebagai bahan makanan, bawang putih juga diklaim dapat menghilangkan jerawat. Soalnya, bawang putih mengandung antioksidan tinggi, antibakteri, anti jamur, dan antivirus.

Sejumlah orang mengkonsumsi bawang putih secara mentah karena dipercaya baik untuk kesehatan. Namun jika detikers enggan mengkonsumsinya langsung, masih bisa diolah dengan cara dioleskan ke wajah.

Caranya, ambil satu siung bawang putih yang sudah dikupas, lalu gosokkan pada jerawat di wajah secara perlahan. Jika punya kulit sensitif, hancurkan bawang putih dengan cara digeprek, setelah itu campur dengan air hangat, lalu oleskan ke wajah.

6. Putih Telur
Selain membantu menjaga kesehatan organ tubuh, putih telur disebut efektif untuk menghilangkan jerawat. Hal ini karena kandungan enzim lysozyme di putih telur yang dapat digunakan untuk menyembuhkan jerawat.

Cara pakainya, pisahkan 3 putih telur dari kuningnya, kemudian kocok putih telur selama 3 menit. Setelah itu, oleskan putih telur ke area jerawat di wajah, lalu tunggu putih telur sampai mengering sekitar 20 menit.

Ulangi cara tersebut sampai 4 kali agar hasilnya maksimal. Jika sudah, bilas wajah dengan air bersih lalu keringkan.

7. Teh Hijau
Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan di kulit, sehingga dapat membantu mengatasi jerawat. Selain itu, teh hijau juga dapat membantu membersihkan sejumlah kotoran dan debu yang menempel di luka jerawat.

Cara pakainya juga mudah, cukup oleskan air rebusan teh hijau ke area jerawat dengan menggunakan kapas. Lalu diamkan sejenak selama 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

8. Minyak Kelapa
Minyak kelapa mengandung senyawa antiinflamasi dan antibakteri. Hal tersebut dapat membantu membasmi bakteri penyebab jerawat sekaligus mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada jerawat. Selain itu, minyak kelapa juga dapat membantu memulihkan luka jerawat terbuka dengan cepat.

Cara penggunaannya, cukup oleskan minyak kelapa ke area jerawat dengan kapas. Diamkan sekitar 10 menit, setelah itu bilas dengan air bersih.

9. Alpukat
Buah hijau yang satu ini mengandung vitamin E yang diklaim dapat mengurangi peradangan pada kulit berjerawat.

Cara pakainya, cukup haluskan buah alpukat lalu tambahkan satu sendok madu, setelah itu oleskan ke seluruh wajah untuk dijadikan masker kulit. Tunggu selama 20-30 menit, kemudian bilas wajah dengan air bersih.

10. Mentimun
Cara menghilangkan jerawat yang terakhir adalah dengan menggunakan mentimun. Sebab, mentimun kaya akan antioksidan, vitamin, dan asam amino yang dipercaya dapat menghilangkan jerawat.

Cara pakainya juga mudah, potong mentimun secukupnya, lalu tempelkan ke wajah layaknya menggunakan masker. Tunggu selama 10-15 menit agar timun bereaksi dengan jerawat, setelah itu bilas muka dengan air bersih.

Penyebab Timbulnya Jerawat

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan munculnya jerawat di wajah. Dilansir situs Cleveland Clinic, berikut sejumlah penyebabnya:
  • Produksi minyak berlebih di kulit wajah
  • Terdapat bakteri dan kotoran
  • Terdapat sel kulit mati
  • Faktor genetika
  • Perubahan hormon



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Bisa Pakai Madu-Cuka Apel"