Hagia Sophia

15 April 2024

Tips Menyimpan dan Menghangatkan Makanan Sisa Lebaran

Ilustrasi makanan lebaran. (Foto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008)

Berbagai macam menu lebaran terkadang tidak habis dalam waktu sehari. Sajian-sajian perayaan Idul Fitri seperti opor, rendang, hingga ketupat akhirnya harus dipanaskan lagi di hari berikutnya agar bisa dikonsumsi lagi.

Spesialis gizi klinik dr Juwalita Surapsari, MGizi, SpGK memberikan sejumlah tips menghangatkan makanan lebaran agar aman dikonsumsi. Ia menuturkan bahwa mengonsumsi makanan yang dipanaskan juga ada aturannya.

Salah satu langkah pertama yang dilakukan adalah memasukkan makanan sisa ke dalam lemari pendingin.

"Makanan yang tidak habis segera dimasukkan dalam lemari es (chiller) dengan wadah tertutup rapat. Makanan ini masih bisa dikonsumsi selama tiga hari," kata dr Juwalita saat dihubungi detikcom belum lama ini.

Selain itu, dr Juwalita juga menyarankan ada baiknya makanan yang ingin dipanaskan untuk diatur porsinya terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari pemanasan makanan secara berulang yang dapat mempengaruhi kualitas makanan.

"Ambil porsi yang akan dihabiskan, baru dipanaskan sehingga makanan tidak dipanaskan berulang-ulang," jelas dr Juwalita.

Jika makanan terus dipanaskan berulang, maka akan meningkatkan produksi radikal bebas dalam makanan. dr Juwalita juga menegaskan nilai gizi makanan yang dipanaskan tentunya akan berkurang, termasuk vitamin yang tidak tahan panas, terutama adalah vitamin C dan B1.












 













Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Cara Tepat Menyimpan dan Menghangatkan Makanan Sisa Lebaran"