Hagia Sophia

04 January 2023

Jenis Ikan Ini Ternyata Mengandung Kolesterol Jahat

Ikan selama ini dikenal baik dalam menjaga kesehatan jantung, tapi beberapa jenis ikan punya kolesterol jahat. (iStockphoto/wichansumalee)

Ikan selama ini dikenal baik dalam menjaga kesehatan jantung. Namun rupanya beberapa jenis merupakan ikan dengan kolesterol jahat.

Jika dibandingkan dengan daging, ikan mengandung kolesterol yang relatif lebih rendah. Kerang adalah salah satu jenis makanan laut yang berkolesterol tinggi, meski bisa diolah jadi hidangan sehat.

Meski ada beberapa jenis ikan mengandung kolesterol jahat, melewatkan boga bahari ini bisa karena khawatir akan kolesterol bisa merugikan Anda.

Kebanyakan ikan adalah rendah kolesterol dan sumber dari beberapa asam lemak esensial yang baik bagi jantung.

Menurut American Heart Association, ikan berlemak mengandung asam lemak omega-3 yang mampu membantu mengurangi tekanan darah dan memperlambat pengendapan plak di dinding pembuluh darah arteri.

Sementara itu, kerang seperti remis, kepiting, lobster, udang, dan tiram merupakan makanan laut dengan kolesterol tertinggi.

Satu porsi 15 udang besar mengandung 166 miligram kolesterol. Empat atau lima kerang kukus mengandung 48 miligram kolesterol.

Sementara itu, kerang seperti remis, kepiting, lobster, udang, dan tiram merupakan makanan laut dengan kolesterol tertinggi. (istockphoto/fcafotodigital)

Anda akan mendapatkan 80 miligram kolesterol dalam 3 ons kepiting, dan jumlah lobster yang sama mengandung 61 miligram.

Mengutip Medical News Today, ikan berlemak dan tanpa lemak sama-sama rendah lemak jenuh, menjadikannya tambahan yang sehat untuk diet. Ini berarti orang yang mencoba menurunkan kadar kolesterolnya tidak perlu menghindari jenis ikan tertentu.

Ikan dan makanan laut juga mengandung asam lemak omega 3, yang bersifat anti-inflamasi dan memiliki banyak efek kesehatan yang bermanfaat, termasuk: mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Berikut beberapa ikan yang mengandung kolesterol jahat:

1. Ikan Sarden
Ikan sarden per 100 gram dalam kalengan yang sudah diberi bumbu diketahui memiliki:
  • Kalori: 208
  • Protein: 24,6 g
  • Lemak jenuh: 1,53 g
  • Kolesterol: 142 mg
Pilih sarden segar kalengan dalam minyak atau saus tomat untuk pilihan rendah lemak.

2. Ikan Lele

1 ekor ikan lele berukuran kecil mengandung setidaknya 106 mg kalori. (iStockphoto/Yarygin)

Mengutip fat secret, 1 ekor ikan lele berukuran kecil mengandung setidaknya 106 mg kalori. Sedangkan ukuran medium mengandung 226 mg kalori, dan ukuran besar 338 mg kalori.

3. Ikan Bawal
Mengutip The Strait Times, Anda juga harus tahu bahwa kolesterol berasal dari produk hewani, bahkan ikan dan ayam. Faktanya, kolesterol pada ikan bawal lebih tinggi dari pada daging sapi.





















Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul "Cek Dulu, 3 Ikan Ini Ternyata Mengandung Kolesterol Jahat"