Hagia Sophia

04 January 2023

Presiden FIFA Dikritik Karena Selfie di Depan Jenazah Pele

Presiden FIFA Gianni Infantino dikritik karena selfie di depan jenazah Pele (AFP via Getty Images/NELSON ALMEIDA)

Presiden FIFA Gianni Infantino dikritik habis usai swafoto di depan jenazah Pele. Infantino pun membela diri.

Sepakbola dunia tengah berduka usai kepergian Pele pekan lalu. Legenda sepakbola Brasil itu menutup mata selama-lamanya usai berjuang melawan Kanker Colon.

Pada Senin (2/1/2023), Pele akan dibawa dari Rumah Sakit Albert Einstein ke Estadio Urbani Caldeira, markas Santos, untuk dimakamkan. Dalam perjalanannya, Pele disambut bak pahlawan.

Setibanya di Stadion, Pele juga dikelilingi oleh figur-figur penting di lapangan hijau, termasuk Presiden FIFA Gianni Infantino. ia ikut memberi penghormatan terakhir atas nama FIFA kepada sang legenda.

Tak cuma itu, Infantino juga turut mengabadikan momen di depan jenazah Pele lewat kameranya bersama keluarga Pele, yakni janda Marcia Aoki dan putranya Edinho.

Foto yang tersebar luas di media sosial itu kemudian dikritik keras oleh mantan rekan-rekan sejawat Pele. Infantino dinilai sudah kelewatan dengan aksi swafoto di tengah suasana duka.

Terkait kecaman itu, Infantino coba mengklarifikasinya. Menurut pria asal Swiss tersebut, keluarga Pele-lah yang mengajaknya untuk selfie sehingga dia tidak bisa menolak.

"Saya baru saja mendarat dari perjalanan ke Brasil untuk melepas kepergian Pele. Saya terkejut melihat adanya kritik dari beberapa orang soal foto selfie saya di pemakaman kemarin," ujar Gianni Infantino di akun instagramnya.

"Saya ingin mengklarifikasi bahwa saya merasa terhormat sekaligus tersanjung ketika ada rekan-rekan serta anggota keluarga Pele yang meminta selfie dan berfoto dengan saya. Saya pun menyanggupinya."

"Terkait swafoto, rekan-rekan Pele meminta kami semua ikut, tapi mereka tidak tahu cara melakukannya. Jadi saya coba membantu dengan mengambil foto salah satu dari mereka, dan juga foto kami semua."

"Jika niat baik saya membantu teman-teman Pele itu dikritik, saya sih dengan senang hati menerimanya dan akan terus membantu para legenda sepakbola di mana pun saya berada."

"Saya sangat menghormati dan mengagumi Pele. Saya tentunya tidak akan melakukan tindakan tidak pantas di upacara kemarin."

















Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Selfie di Depan Jenazah Pele, Presiden FIFA Dikritik"