Hagia Sophia

04 January 2023

Terkait Kondisi COVID-19 di China, Ini Pernyataan Xi Jinping

Presiden China, Xi Jinping ungkap kondisi COVID-19 di China. (Foto: Jack Taylor/Pool Photo via AP)

Presiden China Xi Jinping mengeluarkan pernyataan baru terkait kondisi pandemi COVID-19 di Negeri Tirai Bambu. Ia mengatakan China sedang menghadapi babak baru penanganan Corona.

"Sejak merebaknya epidemi ... mayoritas kader dan massa, terutama tenaga medis, pekerja akar rumput menghadapi kesulitan dan dengan berani bertahan," kata Xi dikutip dari Reuters,

"Saat ini pencegahan dan pengendalian wabah memasuki babak baru, masih masa perjuangan, semua orang bertekun dan bekerja keras, dan fajar sudah di depan mata. Ayo bekerja lebih keras lagi, kegigihan berarti kemenangan, dan persatuan berarti kemenangan," sambungnya.

Beberapa pekan terakhir, gelombang infeksi baru menghantam China dan telah membanjiri rumah sakit juga rumah duka di seluruh negeri. Antrean jenazah di luar krematorium juga memicu kekhawatiran publik.

Namun otoritas China tidak membagikan data spesifik terkait kasus COVID-19 di negaranya. Selama ini, data resmi dari China telah menjadi panduan yang tidak dapat diandalkan. Pasalnya, lebih sedikit pengujian yang dilakukan di seluruh China menyusul pelonggaran kebijakan ketat 'zero-COVID'.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Xi Jinping Bicara Lagi soal Kondisi COVID-19 di China, Ini Katanya"