Hagia Sophia

22 February 2023

Berbagai Makanan yang Bisa Bersihkan Ginjal, Agar Tubuh Terbebas dari Racun

Sederet makanan pembersih ginjal. (Foto: Getty Images/iStockphoto/)

Ginjal adalah salah satu organ vital yang penting untuk terus dijaga kesehatannya agar dapat berfungsi dengan optimal. Dikutip dari Healthline, ginjal memegang peranan penting dalam menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh, membentuk hormon, dan membuang sisa-sisa zat limbah dalam tubuh.

Kunci dari kesehatan ginjal pada umumnya terletak pada konsumsi air yang cukup setiap harinya.

Tubuh manusia dewasa terdiri atas kurang lebih 60 persen air. Setiap organ dalam tubuh membutuhkan air untuk berfungsi, mulai dari otak hingga hati.

Begitu halnya dengan ginjal, organ ini juga membutuhkan air untuk mensekresi urin dan menjalankan perannya sebagai sistem filtrasi tubuh. Melalui sekresi ini, tubuh dapat mengeluarkan substansi dan zat-zat yang tidak diinginkan atau tidak dibutuhkan.

Ketika konsumsi air tidak mencukupi, maka produksi urine akan terbatas. Produksi urine yang sedikit dapat mengarah pada disfungsi ginjal hingga pembentukan batu ginjal. Maka dari itu, penting untuk mengonsumsi air yang cukup setidaknya 3,7 liter per hari untuk pria dan 2,7 liter per hati untuk wanita.

Namun, selain air, terdapat juga sejumlah makanan, bahan herbal, dan suplemen yang dapat membantu menjaga kesehatan ginjal.

Berikut adalah sejumlah makanan yang baik untuk membersihkan ginjal dan mengoptimal kesehatannya.

1. Anggur

Anggur memiliki kandungan resveratol. Dalam sebuah studi hewan, penelitian telah menemukan bahwa resveratol mampu meredakan peradangan ginjal yang disebabkan oleh penyakit ginjal polikistik atau PKD.

2. Kranberi

Kranberi dipercayai bermanfaat bagi kesehatan kandung kemih. Sebuah penelitian yang dirilis dalam Nutrition Journal menunjukkan peran kranberi kering dalam menurunkan potensi terkena infeksi saluran kemih.

3. Jus buah

Jus lemon, jeruk, dan melon mengandung asam sitrat. Asam sitrat membantu mencegah pembentukan batu ginjal dengan mengikat kalsium dalam urin dan mencegah pertumbuhan kristal kalsium yang dapat mengarah pada batu ginjal.

Selain itu, mengonsumsi segelas jus buah segar setiap harinya dapat membantu pemenuhan cairan yang dibutuhkan tubuh setiap harinya.

4. Rumput laut

Rumput laut cokelat memiliki sejumlah manfaat baik. Tidak hanya pada ginjal, tetapi juga untuk kesehatan pankreas dan hati.

5. Makanan kaya akan kalsium

Banyak orang yang menganggap bahwa mengurangi konsumsi kalsium dapat mencegah batu ginjal. Padahal sebaliknya, konsumsi kalsium dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal dan gangguan ginjal lainnya. Kalsium dibutuhkan untuk mengikat oksalat untuk mengurangi penyerapan dan ekskresi dari substansi tersebut.

Konsumsi kalsium disarankan mencapai 1,2 gram setiap harinya. Sederet makanan yang kaya akan kalsium antara lain:
  • Susu kedelai atau susu almond
  • Tahu
  • Bayam
  • Brokoli
  • Makanan laut, seperti ikan sarden dan salmon
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Makanan Pembersih Ginjal, Bantu Tubuh Bebas dari Racun"