Hagia Sophia

22 February 2023

Untuk Cegah Kanker, Wanita Ini Rela Kehilangan Payudara

Wanita yang angkat kedua payudaranya untuk cegah kanker. (Foto: Instagram @theebooblessbabe)

Wanita di Florida, Stephanie Germino (29) menjalani mastektomi ganda atau operasi pengangkatan kedua payudaranya. Hal ini ia lakukan agar terhindar dari risiko kanker payudara yang merupakan warisan genetik. Pascaoperasi, Germino memilih tidak melakukan rekonstruksi payudara untuk menghindari risiko komplikasi.

Dikutip dari New York Post, Germino memiliki riwayat keluarga dengan kanker payudara. Dia pertama kali menyaksikan neneknya berjuang melawan penyakit tersebut sebanyak dua kali. Ibunya juga dinyatakan positif kanker payudara dengan mutasi genetik yang sama.

Ia memiliki kemungkinan 50 persen membawa gen yang sama. Akhirnya, ibu satu anak ini menjalani operasi pengangkatan payudara pada 27 Oktober 2021. Germino mengaku merasa percaya diri dan keren dengan bentuk dada barunya.
@theebooblessbabe_ I get it, you’ve only seen chests like mine after to someone underwent top surgery due to transiting, that’s not the case here though. Check out my 📍pinned video for more of an explanation 🫶🏽 #fyp #brca #mastectomy #aestheticflatclosure #afc #flattie ♬ original sound - Stephanie Germino
"Saya tidak akan menunggu sampai sesuatu benar-benar terjadi pada saya sebelum melakukan sesuatu tentang hal itu. Saya tidak ingin mengambil risiko itu," kata Germino yang juga memiliki salon kecantikan.

Menurut National Cancer Institute, sekitar 13 persen wanita terkena kanker payudara selama hidupnya. Data menunjukkan bahwa 55-72 persen wanita yang mewarisi gen BRCA1, sebagaimana yang dimiliki ibu Germino, akan terkena kanker payudara pada usia 70 hingga 80 tahun.

"Saya memberi tahu mereka bahwa saya ingin menjadi 'sedatar anak laki-laki pra-puber' dan saya tidak menyesalinya sama sekali!" kata Germino. Tunangannya juga mengatakan ia tampak hebat meskipun tanpa payudara.

Ia pun membagikan kisah operasi payudaranya di TikTok pada Juni 2022. Walaupun banyak netizen yang berkomentar negatif dan kasihan, Germino sangat percaya diri dan tidak akan mengubah keputusannya untuk merekonstruksi payudara.

Mengenal Mastektomi

Dikutip dari American Cancer Society, mastektomi adalah operasi yang mengangkat seluruh payudara. Mastektomi dilakukan jika:
  • Wanita tidak dapat diobati dengan operasi konservasi payudara (lumpektomi) yang menyelamatkan sebagian besar payudara.
  • Wanita tersebut memilih mastektomi daripada operasi konservasi payudara karena alasan pribadi.
  • Wanita yang berisiko sangat tinggi terkena kanker payudara
Jenis-jenis Mastektomi
  • Modified radical mastectomy
  • Radical mastectomy
  • Skin-sparing mastectomy
  • Nipple-sparing mastectomy
  • Double mastectomy
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Wanita Nekat Pangkas Payudara demi Cegah Kanker, Kini Berdada Rata"