Hagia Sophia

22 February 2023

Nong Poy, Transgender yang Jadi Ilmuwan Muda dan Menikah dengan Crazy Rich Thailand

Transgender tercantik Nong Poy yang jadi peneliti. (Foto: Instagram @poydtreechada)

Aktris dan model transgender Treechada Petcharat mendadak viral setelah mengumumkan rencana pernikahannya dengan seorang 'crazy rich' di Thailand. Saat orang berfokus dengan titel 'transgender tercantik', tak banyak yang tahu Nong Poy juga berfokus untuk meneliti obat-obatan.

Dalam sebuah wawancara, Nong Poy bercerita mendirikan perusahaan farmasi BIOMT pada Maret 2020 yang berbasis di Bangkok untuk penelitian dan pengembangan dan produksi vitamin dan suplemen makanan di Thailand.

Memegang gelar dalam Ilmu Saraf dan saat ini sedang terdaftar dalam program Magister Genetika Molekuler dan Rekayasa Genetika di Universitas Mahidol, Nong Poy tidak hanya mengelola perusahaan, tetapi juga bertindak sebagai peneliti.

Nong Poy saat ini berfokus pada penelitian terhadap pengobatan yang dipersonalisasi untuk melawan kanker payudara dan penyakit lain seperti penyakit terkait peradangan pada organ. Fokusnya pada farmakogenomik menjelaskan proses pengeditan gen CRISPR dan potensinya untuk membantu menyembuhkan penyakit.

"Dengan rekayasa genetika kita memiliki potensi untuk mengubah dunia" katanya.

Sebagai seorang transpuan yang menghadapi banyak tantangan baik di kehidupan dan karirnya, dia ingin menjadi panutan bagi para peneliti muda di Thailand. Ia berharap, bisa mendorong mereka untuk mendirikan perusahaan dan bertindak sebagai pengusaha di negara asalnya.

"Ada banyak peneliti muda berbakat di Thailand tetapi banyak yang tidak memiliki mimpi dan menganggap pilihan mereka terbatas," pungkas Nong Poy.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Cerita Awal Mula Transgender Nong Poy Jadi Ilmuwan Muda Thailand"