Hagia Sophia

25 March 2023

Karena Dijadikan 'Menu Sahur', Harga Oralit jadi Melambung

Viral Oralit Jadi 'Menu' Sahur, Netizen Keluhkan Harganya Jadi Meroket (Foto: Getty Images/iStockphoto/ThamKC)

Baru-baru ini viral di media sosial soal penggunaan oralit sebagai 'menu' sahur. Dari testimoni yang ada, banyak pengguna media sosial merasa minum oralit membuat puasa menjadi lebih ringan dan tak mudah haus.

Namun tren ini akhirnya membuat banyak masyarakat lain penasaran dan ingin mencoba oralit ketika sahur. Hal ini menyebabkan panic buying dan membuat stok oralit terganggu.

Beberapa pengguna media sosial pun mengaku bahwa oralit sudah mulai sulit untuk didapatkan di apotek.

"Kayaknya gara-gara rame di base sebelah, aku barusan nyari ini ke 4 apotek dekat rumah tapi cuma dapet 3 sachet doang karena pada habis. Padahal buat nenekku yg emang lagi diare, plis gais jgn panic dan over buying yaa," curhat salah seorang pengguna Twitter.

Tidak hanya itu saja, bahkan ada netizen yang melihat bahwa sebagian pedagang nakal mulai menaikkan harga oralit yang dijual.

"Dah ya guys. Udah cukup panic buying oralitnya. Soalnya aku lihat oralit udah banyak habis dan dinaikkan harganya. Ini bukan puasa pertama kalian juga kan?" ucap netizen lain.

Selain itu, orang-orang yang memang membutuhkan oralit untuk perawatan diare mengaku kesulitan dengan keadaan panic buying yang terjadi di masyarakat.

"Aku yang udah diare 2 hari dan ga kebagian oralit di mana mana terus diginiin. Tolong ya jangan panic buying woe, aku diare beneran jadi susah," ucap akun Twitter @un**e**al**a.

Komentar Kementerian Kesehatan RI

Menanggapi viralnya penggunaan oralit saat sahur, Kepala Biro Komunikasi Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi mengimbau masyarakat untuk tidak memborong stok oralit untuk konsumsi sahur.

Oralit lebih baik ditujukan untuk orang yang memang memerlukannya. Misalnya seperti orang yang sedang mengalami diare atau kehilangan elektrolit dalam darah.

"Tidak perlu (panic buying)," ucap dr Nadia saat dihubungi detikcom, Jumat (24/3/2023).

"Sesuatu yang berlebihan pasti memiliki dampak pada tubuh kita. Berpuasa sudah ada metode dan sah ada anjuran untuk memastikan tubuh kita cukup terpenuhi," pungkasnya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Oralit Jadi Menu Sahur, Netizen Keluhkan Harganya Jadi Meroket"