Hagia Sophia

25 March 2023

Belanda Pulangkan 5 Pemain Karena Terinfeksi Virus, Belum Diketahui Cara Penularannya

Timnas Belanda dilanda virus flu di tengah persiapan kualifikasi Piala Eropa. Imbasnya, 5 pemain dipulangkan. (Foto: Getty Images/Soccrates Images)

Pelatih Belanda Ronald Koeman mengaku kaget dengan virus flu yang melanda skuatnya hingga menyebabkan lima pemain dipulangkan pada malam kualifikasi kejuaraan Eropa 2024 di Prancis.

Timnas Belanda mengumumkan pada hari Kamis bahwa bek Matthijs de Ligt, Sven Botman, penyerang Cody Gakpo, gelandang Joey Veerman, dan penjaga gawang Bart Verbruggen semuanya telah dipulangkan ke Belanda setelah tertular penyakit tersebut.

"Kami tidak mengesampingkan kemungkinan lebih banyak lagi pemain yang keluar, itu yang menurut saya mungkin terjadi. Kami sedikit lebih berhati-hati dengan berjabat tangan, tetapi Anda tidak dapat membuat undang-undang untuk setiap kontak," kata Koeman dalam konferensi pers, dikutip dari Reuters, Jumat (24/3/2023).

"Saya kaget. Saya pergi ke lobi hotel. Saya melihat Joey Veerman duduk di sana, menunggu taksi. Sven Botman sudah pergi. Kemudian Anda memahami seluruh situasinya dan Anda harus bertindak cepat," ucapnya lagi.

Meskipun saat ini tengah dipulangkan, Koeman menyebut kelima pemain itu nantinya akan dipanggil kembali apabila sudah pulih untuk pertandingan kualifikasi Belanda melawan Gibraltar di Rotterdam pada hari Selasa mendatang.

"Lima yang sudah pulang belum tersingkir selama satu periode," ujarnya. "Tidak pasti bahwa mereka tidak akan kembali. Itu tergantung pada bagaimana perkembangannya," lanjutnya.

Sebagai gantinya, Koeman memanggil tiga pemain ke Paris sebagai pengganti. Ketiganya antara lain Ryan Gravenberch dari Bayern Munich, Kjell Scherpen (Vitesse), dan Stefan de Vrij (Inter Milan).

"Ada pemain di antara lima pemain yang mungkin berada di starting line-up. Tapi untungnya saya juga menukar banyak pemain di posisi minggu ini, jadi mereka yang sekarang akan bermain juga sudah berlatih di posisi itu. Saya sudah tahu bagaimana saya akan melakukan sesuatu," imbuh Koeman.

"Jelas bahwa ini bukan tim normal kami," tambah Koeman, yang kehilangan gelandang Frenkie de Jong karena cedera pada Senin.

Sampai saat ini masih belum diketahui terkait bagaimana virus tersebut menyebar begitu cepat ke seluruh kamp.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Pemain Timnas Belanda Dihajar Virus Flu, Pelatih Waspadai Jabat Tangan!"