Hagia Sophia

25 March 2023

Pengalaman Pasien yang Pernah Meninggal dan Hidup Lagi

Pengakuan pasien yang hidup lagi setelah meninggal beberapa saat. (Foto ilustrasi: Thinkstock)

Seorang pria di Inggris yang dinyatakan meninggal tiba-tiba kembali hidup lagi. Ia pun menceritakan apa yang dilihatnya selama meninggal sesaat itu.

Awalnya, dari hasil pemeriksaan pria bernama Kevin Hill menunjukkan tanda-tanda meninggal dunia. Jantungnya berhenti berdetak selama beberapa menit, menyusul komplikasi dari operasi katup jantung yang dilakukannya tahun lalu.

Namun, tak lama pria berusia 55 tahun itu berhasil 'dihidupkan kembali' oleh dokter. Ia mengungkapkan apa yang dilihatnya saat pergi ke 'alam roh' setelah kematiannya.

"Saya tidak melihat ke bawah ke tubuh saya, tetapi saya terpisah dari tubuh saya. Rasanya seperti saya berada di alam roh. Saya sadar akan apa yang sedang terjadi, tetapi saya merasa sangat damai," jelas Hill yang dikutip dari NY Post.

"Kemudian saya pergi tidur. Dan ketika saya terbangun dari masa kritis, pendarahan telah berhenti. Aku tahu ini bukan waktuku untuk mati," lanjutnya.

Pada beberapa orang yang mengalami hal serupa, mereka mengatakan melihat cahaya terang yang dianggap sebagai surga. Tetapi, Hill mengatakan dirinya sama sekali tidak melihat cahaya terang itu.

Ketika itu, ia menggambarkan suasana yang sangat damai.

Penyakit yang Diidap Hill

Hill diketahui mengalami pembengkakan kaki akibat kelebihan retensi air pada tahun 2021. Dokter menemukan retensi itu disebabkan oleh katup jantung Hill yang hanya memiliki dua bagian, yang normalnya ada tiga.

Akibat masalah medis itu, Hill harus dioperasi. Namun, masalah Hill baru saja dimulai.

Setelah prosedur operasi, Hill mengalami kalsifilaksis yaitu penyakit serius yang jarang terjadi. Dikutip dari Mayo Clinic, itu adalah kondisi di mana kalsium menumpuk di pembuluh darah kecil, jaringan lemak, dan kulit.

"Saya menderita penyakit itu selama berbulan-bulan. Kulit saya menggerogoti saya," kenangnya, mengatakan kakinya akhirnya mulai 'berdarah'.

"Saya mengalami tiga hari di mana kaki saya berdarah dan itu tidak akan berhenti," sambungnya.

Akibat kondisi itu, Hill kehilangan lebih dari dua liter darah hingga menyebabkan kematian selama beberapa menit itu. Saat ia sadar kembali, Hill merasakan sakit yang luar biasa.

Saat itu, ia menangis selama berjam-jam karena rasa sakit yang sangat menyiksa. Karena kondisi itu, Hill juga harus dirawat di rumah sakit hampir selama setahun. Tetapi, hal itu membuatnya lebih tangguh dan berusaha untuk sehat kembali.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Geger Pengakuan Pasien yang Dinyatakan Meninggal Lalu Hidup Lagi"