Hagia Sophia

25 March 2023

Update COVID-19: 25 Maret 2023 Kasus COVID-19 Bertambah 436 dan 9 Meninggal

istimewa

Indonesia mencatat 436 kasus baru COVID-19 hari ini, Sabtu (25/3/2023). Seiring itu terdapat kasus sembuh sebanyak 319 dan 9 pasien COVID-19 meninggal dunia.

Hingga hari ini, Indonesia mencatat total 6.743.607 kasus COVID-19 terkonfirmasi. Sedangkan kasus aktif COVID-19 hari ini tercatat ada sebanyak 4.352 kasus.

Presiden RI Joko Widodo mengeluarkan larangan untuk pejabat dan ASN melakukan buka puasa bersama lantaran pandemi COVID-19 di RI belum benar-benar berakhir. Namun berbeda halnya dengan masyarakat umum, bukber boleh-boleh saja dilakukan. Dengan catatan, orang-orang yang mengalami gejala masih harus mengenakan masker.

"(Prokes) tetap dianjurkan kalau buka bersama itu tidak dalam jumlah besar, lebih bagus. Dan kalau bisa dilakukan di outdoor itu akan lebih bagus. Kalau ada yang sakit, itu yang pakai masker. Kalau ada yang bergejala, itu yang pakai masker," ungkap spesialis penyakit dalam dari Junior Doctor Network Indonesia, dr Andi Khomeini Takdir Haruni atau yang disapa dr Koko pada detikcom, Kamis (23/3) malam.

"Mereka tetap protokol kesehatan, tetap. Tapi kan sudah tidak seketat kemarin ya. Ini berlaku untuk mereka yang bergejala. Dan memang, kesempatan untuk buka bersama itu kesempatan untuk menjalin silaturahmi, mengajarkan masyarakat untuk pola hidup sehat termasuk makanan yang sehat, di situ kesempatannya," pungkasnya.

Menurutnya, momen buka puasa bersama sebenarny bisa dijadikan kesempatan untuk masyarakat bersama-sama makan sehat. Ia menyarankan sejumlah menu makan bukber, di antaranya sayur dan buah-buahan.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Update COVID-19 RI 25 Maret: Tambah 436 Kasus Baru, Kasus Aktif Jadi 4.352"