Hagia Sophia

25 March 2023

Peringatan Kemenkes Tentang Oralit untuk Menu Makan Sahur

Viral minum oralit biar tahan puasa seharian. (Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes)

Viral minum oralit disebut efektif menahan haus dan lemas saat berpuasa. Tidak sedikit yang mengatakan tak merasa haus seharian saat mengonsumsi oralit saat sahur.

Namun tren ini ternyata bikin banyak warga panic buying membuat mereka yang benar-benar membutuhkan oralit, malah tidak bisa mendapatkan stok.

"Kayaknya gara-gara rame di base sebelah, aku barusan nyari ini ke 4 apotek deket rumah tapi cuma dapet 3 sachet doang karena pada abis. Padahal buat nenekku yg emang lagi diare, plis gais jgn panic dan over buying yaa," curhat salah satu pengguna Twitter.

Menanggapi hal ini, Kepala Biro Komunikasi Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi mengingatkan masyarakat agar tidak memborong stok oralit untuk keperluan berpuasa. Oralit sebaiknya digunakan jika seseorang dalam kondisi diare dan kehilangan elektrolit dalam darah.

"Tidak perlu (panic buying)," tegasnya saat dihubungi detikcom, Jumat (24/3/2023).

"Sesuatu yang berlebihan pasti memiliki dampak pada tubuh kita. Berpuasa sudah ada metode dan sah ada anjuran untuk memastikan tubuh kita cukup terpenuhi," sambungnya.

Alih-alih minum oralit, ada sejumlah cara yang baik untuk memenuhi asupan cairan saat seharian berpuasa. Kekurangan cairan dalam tubuh dapat mengakibatkan tubuh terdehidrasi dan timbul rasa haus, sehingga tubuh mudah lelah ketika beraktivitas.

Oleh karena itu, minum air 8 (delapan) gelas sehari dianjurkan agar tubuh kuat dan tidak mudah lelah selama berpuasa. Berikut adalah rekomendasi Kemenkes agar kebutuhan air putih tetap terpenuhi di bulan puasa.
  • 1 gelas setelah bangun tidur
  • 1 gelas selepas makan sahur
  • 1 gelas saat berbuka puasa
  • 1 gelas setelah salat Maghrib
  • 1 gelas setelah makan malam
  • 1 gelas setelah salat Tarawih
  • 1 gelas setelah salat Isya
  • 1 gelas sebelum tidur






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Borong Oralit untuk Sahur Biar Awet Kenyang, Ini Wanti-wanti Kemenkes!"