Hagia Sophia

10 March 2023

Liga Eropa: Manchester United Kalahkan Real Betis 4-1


Manchester United mengalahkan Real Betis 4-1 di leg I babak 16 besar Liga Europa. (Foto: REUTERS/PHIL NOBLE)

Manchester United memetik keuntungan besar dalam duel melawan Real Betis di babak 16 besar Liga Europa. MU mengatasi klub Spanyol itu dengan skor 4-1 di leg I.

MU menjamu Real Betis di Stadion Old Trafford, Jumat (10/3/2023) dinihari WIB. Setan Merah memulai pertandingan dengan apik usai Marcus Rashford menciptakan gol cepat di menit keenam.

Real Betis menyamakan skor melalui Ayoze Perez setelah melewati setengah jam sehingga menandai kedudukan seimbang di akhir babak pertama. Usai turun minum, MU mencetak tiga gol tambahan dari Antony, Bruno Fernandes, dan Wout Weghorst untuk memastikan kemenangan.

Hasil ini praktis membuka lebar peluang MU lolos ke babak perempatfinal. Selain itu, kemenangan atas Real Betis juga berarti MU sukses bangkit dari kekalahan memalukan di markas Liverpool 0-7, akhir pekan lalu.

Jalannya Pertandingan

Setelah mencetak gol yang dianulir di menit kelima, MU ditekan. Operan backpass Diogo Dalot kepada David de Gea membuat bola jatuh di jalur Juanmi. Pemain yang disebut terakhir melepaskan umpan silang sebelum bola bisa diamankan.

GOL! MU merespons dengan mencetak gol pembuka melalui Marcus Rashford. Umpan Bruno Fernandes kepada Wout Weghorst diblok German Pezzella di dalam kotak penalti. Rashford kemudian menguasai bola, mengecoh lawan, sebelum menyelesaikan dengan tembakan keras yang bersarang di sudut atas gawang Betis.

MU memimpin 1-0.

Weghorst nyaris memperbesar keunggulan MU pada menit ke-17. Kerja sama satu-dua di antara Luke Shaw dan Rashford di sisi kiri diteruskan Weghorst dengan tembakan ke tiang jauh. Namun, bola melebar tipis.

MU melewatkan peluang bagus lainnya pada 10 menit kemudian. Operan mendatar Antony gagal dikontrol dengan sempurna oleh Weghorst sehingga mengenai bagian depan betisnya. Bola pun melambung.

GOL! Di menit ke-32, Real Betis sukses menyamakan skor di tengah tekanan. Juanmi mengirim umpan lambung dari area D yang diterima Ayoze Perez di sisi kanan kotak penalti. Perez lantas menyelesaikan dengan tembakan mendatar akurat yang tidak mampu dijangkau De Gea.

Skor 1-1.

Jelang turun minum, pertahanan MU ketar-ketir. De Gea membuat kesalahan setelah operannya mengarah kepada Juanmi. Umpannya kepada Perez diakhiri dengan sepakan, bola membentur Fernandes lalu menghantam tiang gawang MU sebelum disapu Luke Shaw.

GOL! MU memulai babak kedua dengan kencang. Antony membawa MU kembali di depan dengan sebuah gol cantik di menit ke-52.

Sodoran Bruno Fernandes diterima Antony di sisi kanan. Kemudian dari depan kotak penalti, Antonya melepaskan tembakan kaki kiri ke sudut atas gawang Betis. Skor kini 2-1 untuk keunggulan MU.

GOL! MU hanya butuh kurang dari enam menit untuk mencetak gol ketiganya ke gawang Real Betis. Sepak pojok Luke Shaw di sayap kiri, disambut Bruno Fernaneds dengan tandukan keras untuk menaklukkan penjagaan Claudio Bravo.

Antony membuang sebuah peluang emas di menit ke-63. Umpan mendatar Bruno Fernandes membelah pertahanan Real Betis, Antony terbebas sehingga tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Bravo. Sayang sekali, tendangan cukilan Antony melambung.

MU kembali gagal menambah golnya. Di menit ke-80, penyelesaian Antony ditepis Claudio Bravo dalam situasi one-on-one.

GOL! Gol keempat yang ditunggu-tunggu Manchester United akhirnya terlahir di menit ke-83. Giliran Weghorst mengukir namanya di papan skor.

Pemain pengganti Facundo Pellistri berduel dengan dua pemain belakang Betis sebelum melepaskan umpan tarik. Scott McTominay menyambut bola dengan sepakan yang ditepis Bravo. Bola rebound langsung disambar Weghorst dari depan gawang. MU 4, Real Betis 1.

Susunan Pemain

Manchester United: De Gea, Varane, Luke Shae, Lisandro Martinez, Diogo Dalot (Wan-Bissaka 46'), Casemiro, Fred (McTominay 82'), Bruno Fernandes, Rashfor (Sancho 65'), Weghorst, Antony (Pellistri 82')

Real Betis: Claudio Bravo, German Pezzella, Youssouf Sabaly, Luis Felipe, Abner, Joaquin (Canales 59'), William Carvalo, Guido Rodriguez (Guardado 65'), Juanmi (Willian Jose 80'), Ayoze Perez (Borja Iglesias 65'), Luiz Henrique






















Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "MU Vs Real Betis: Setan Merah Gasak Verdiblancos 4-1"