Hagia Sophia

11 April 2023

Curhatan Ibu Hamil yang Tak Ditemani Suami di RS Hanya Karena Masalah Rokok

Viral seorang ibu hamil curhat soal perlakuan suaminya. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Motortion)

Media sosial Twitter sedang ramai soal pengakuan ibu hamil yang mendapat perlakuan kurang baik dari suaminya. Dalam salah satu akun yang kerap membagikan curhatan netizen, ada seorang ibu yang menceritakan bagaimana perilaku suaminya selama dirinya mengandung.

"Ini kehamilan pertama aku bun, dari awal suami nggak pernah nemenin periksa cuman di luar RS karena nggak suka di RS nggak bisa merokok," ucap sang ibu dari akun Twitter @A*E*J*L*D, Senin (10/4/2023).

"Bahkan nggak pernah mau tahu soal perkembangan janin di perut. Pernah juga marahin aku pas usia kandungan 4 bulan cuman karena lama pas keluar RS. Padahal aku ngambil obat di farmasi," sambungnya.

Karena unggahan tersebut, banyak netizen lain yang dibuat geram oleh kelakuan sang suami. Terkait hal itu, dokter spesialis kebidanan kandungan RSIA Brawijaya Antasari dr Dinda Derdameisya, Sp.OG menekankan pentingnya peran suami dalam proses kehamilan seorang istri.

"Peran suami itu sangat besar ya terutama dalam emosi dan psikologis istrinya," ucap dr Dinda ketika dihubungi detikcom Senin, (10/4/2023).

"Mungkin kalau untuk kesehatan secara fisik secara perkembangan bayinya itu mungkin tergantung dari indikasi dari dokternya. Tapi support system dalam menjalani kehamilan dan melalui masa persalinan dan pasca persalinan itu penting adanya dukungan dari orang terdekat," sambungnya lagi.

Adapun lebih lanjut, dr Dinda juga menyebutkan ada beberapa dukungan yang bisa dilakukan suami ketika istri tengah mengandung.

"Dukungan yang bisa diberikan itu segala macam dukungan secara psikologis dan emosi dari awal misalnya mengantarkan ke dokter untuk check up," ucapnya.

"Terus kemudian belajar juga begitu bagaimana makanan yang baik untuk istrinya. Kemudian olahraga yang baik supaya istrinya tetap fit tetap bugar, dan kemudian membantu mungkin di trisemester awal masih mual-mual. Apa sih yang bisa dilakukan oleh suaminya membuat untuk istrinya merasa nyaman," pungkasnya.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Bikin Geleng Kepala, Viral Curhat Bumil Tak Ditemani Suami di RS gegara Rokok"