Hagia Sophia

11 April 2023

Berbagai Fakta Keluarga yang Alami Cacat Fisik-Mental Akibat Menikah dengan Kerabat Dekat

Geger satu keluarga melakukan perkawinan sedarah. Beberapa anggota dari keluarga tersebut diketahui memiliki kelainan mental dan fisik. (Foto: Dok. screenshot youtube)

Heboh sebuah keluarga di kota ODD, pedesaan, West Virginia, Amerika Serikat, melakukan praktek menikah dengan kerabat dekat. Kisah keluarga yang disebut sebagai The Whittakers itu pun viral setelah disorot media hingga dunia. Bahkan, belum lama ini sempat viral sebuah video dokumenter dari keluarga tersebut.

Beberapa anggota dari keluarga ini diketahui memiliki kelainan mental dan fisik, bahkan tak dapat berbicara dengan baik. Anggota keluarga tersebut meliputi Lorraine, Ray, dan Timmy yang terkena cacat mental.

"Beberapa anggota hanya berkomunikasi melalui gerutuan dan tidak dapat berbicara. Beberapa tidak bersekolah," demikian laporan The Sun.

Siapa Itu Keluarga The Whittaker?

Dikutip dari Legit, keluarga Whittaker atau The Whittakers menjadi sorotan setelah seorang fotografer bernama Mark Laita memotret mereka untuk bukunya, Created Equal, pada tahun 2004. Hingga pada tahun 2020, Mark kembali mengunjungi keluarga itu di Virginia untuk membuat video.

Dalam video berjudul Inbred Family - The Whittakers, menunjukkan keluarga dengan anggota generasi tua yang tinggal di sebuah kota kecil. Video itu menyoroti bagaimana keluarga Whittaker berjuang untuk memenuhi kebutuhan di rumah kecil mereka.

Keluarga tersebut juga adalah keturunan Inggris dan awalnya termasuk Ray, Lorraine, Timmy (hanya sepupu), Freddie dan seorang saudara perempuan yang tidak disebutkan namanya. Namun, Freddie meninggal karena serangan jantung beberapa tahun lalu.

The Whittaker ini dianggap sebagai keluarga perkawinan sedarah yang paling populer di Amerika Serikat. Kakak beradik yang difilmkan untuk film dokumenter tersebut lahir dari sepupu pertama yang ayahnya kembar. Sebelumnya, beredar kabar di media yang menyebut orang tua dari keluarga tersebut adalah kakak dan adik.

Silsilah Keluarga The Whittaker dan Kondisi Mereka

Laman Daily Mail mengungkap garis silsilah yang menunjukkan perkawinan sedarah keluarga Whittaker dimulai dengan saudara kembar John dan Henry Whittaker pada tahun 1887.

John menikahi sepupu pertamanya Ada Riggs, seorang putri Mary Perkins yang merupakan saudara perempuan dari John dan ibu Henry, Eliza. Ada dan John memiliki sembilan anak, termasuk Gracie Irene Whittaker yang lahir pada tahun 1920.

Saudara laki-laki John, Henry, menikah dengan Sally Burton dan mereka memiliki tujuh anak, termasuk John Emory Whittaker, lahir pada tahun 1913. Gracie dan John adalah sepupu pertama dan mereka menikah pada November 1935 dan memiliki putri pertama mereka Aileen Violet Whittaker pada tahun 1937.

John Whittaker, adalah seorang penambang batu bara, sedangkan, Gracie, adalah seorang ibu rumah tangga. John meninggal karena serangan jantung, sedangkan Gracie meninggal karena kanker.

Pernikahan antar sepupu menjadi 'lumrah' di kalangan keluarga ini, menjadikan beberapa anggota keluarganya mengalami cacat fisik dan mental.

Keluarga tersebut tidak mengetahui masalah genetik mereka terjadi karena perkawinan sedarah. Juga, mereka tidak dapat mengingat banyak tentang orang tua mereka atau anggota keluarga lainnya.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Fakta-Fakta Keluarga yang Cacat Fisik-Mental gegara Nikah dengan Kerabat Dekat"