Hagia Sophia

19 May 2023

Brasil Selidiki Kemungkinan Kasus Flu Burung pada Manusia

Ilustrasi flu burung. (Foto: Thinkstock)

Brasil tengah menyelidiki kemungkinan kasus flu burung A (H5N1) pada manusia, kasus suspek ditemukan di negara bagian tenggara Espirito Santo. Penyelidikan dilakukan pasca Kementerian Kesehatan Brasil mengidentifikasi unggas liar positif flu burung A.

Pria berusia 61 tahun yang masuk kategori suspek merupakan pekerja di taman burung liar, yang positif Avian Influenza Patogen Tinggi (HPAI). Ia langsung dipantau dan diisolasi setelah mengeluhkan gejala flu ringan.

Sebuah laboratorium rujukan di Espirito Santo sedang menganalisis sampel dari pria tersebut dan 32 orang lainnya yang juga bekerja di taman tersebut. Sebelumnya tidak ada kasus influenza A yang dikonfirmasi di Brasil.

Meski manusia bisa tertular H5N1, kasusnya tetap jarang dilaporkan. Pejabat kesehatan global bahkan mengatakan risiko terhadap manusia rendah.

Brasil, pengekspor unggas terbesar di dunia, mengambil sikap kehati-hatian setelah mendeteksi subtipe H5N1 pada unggas liar.

Penularan subtipe virus yang sangat patogen ke kawanan komersial negara itu akan mempertaruhkan ekspor ayam hampir US$10 miliar karena larangan perdagangan mungkin diberlakukan oleh negara pengimpor.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Brasil Investigasi Kasus Diduga Flu Burung pada Manusia!"