Hagia Sophia

19 May 2023

Tips untuk Mengecek Usus Buntu Sendiri

Foto: iStock

Radang usus buntu atau disebut juga apendisitis merupakan suatu penyakit yang banyak diderita manusia. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang kurang paham tentang radang usus buntu, bahkan sering kali dianggap sebagai sakit perut biasa.

Oleh sebab itu, detikers harus tahu sejumlah gejala dan penyebab radang usus buntu. Jadi, bila suatu saat perut detikers terasa sangat nyeri, bisa dilakukan pemeriksaan secara cepat demi mencegah sakit semakin parah.

Lantas, bagaimana cara mengecek usus buntu sendiri? Lalu apa saja gejala umum radang usus buntu? Simak pembahasannya secara lengkap dalam artikel ini.

Cara Mengecek Usus Buntu Sendiri

Dilansir situs National Health Service UK, salah satu gejala umum seseorang terkena radang usus buntu adalah merasakan nyeri di perut bagian tengah. Dalam beberapa waktu, rasa nyeri tersebut bergeser ke perut kanan bawah, tempat di mana usus buntu berada.

Dalam kondisi ini, kamu bisa mengecek usus buntu secara mandiri dengan cara menekan-nekan di bagian perut yang sakit menggunakan tangan. Apabila ditekan dengan kekuatan sedang sudah bikin nggak nyaman, maka diyakini kamu terserang radang usus buntu.

Terlebih jika rasa sakit di perut kanan bawah sudah berlangsung selama berhari-hari, maka segeralah pergi ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Gejala Umum Usus Buntu

Tak hanya merasakan sakit perut, adapun sejumlah gejala umum lainnya saat seseorang terkena penyakit radang usus buntu, yakni sebagai berikut:
  • Hilang selera makan.
  • Mual dan muntah setelah sakit perut dimulai.
  • Perut membengkak.
  • Mengalami demam dengan suhu antara 37-38,5°C.
  • Kram ringan di perut.
  • Nyeri perut semakin memburuk ketika bergerak atau batuk.
  • Rasa nyeri akan sangat intens dan bisa membuat seseorang sulit tidur.
  • Mengalami gangguan pencernaan.
Penyebab Terserang Usus Buntu

Tentu, ada sejumlah faktor yang menyebabkan seseorang mengalami radang usus buntu. Mengutip situs Web MD, berikut penyebab seseorang terserang usus buntu.

1. Penumpukan Feses di Perut
Adanya tinja yang mengeras dan menumpuk di dalam perut menjadi salah satu faktor seseorang mengalami usus buntu. Jika tidak segera diobati dengan cepat, maka feses akan mengganggu bagian apendiks atau usus buntu.

2. Terjadi Sumbatan di Usus Buntu
Sumbatan ini umumnya disebabkan adanya benda asing seperti makanan. Jika dibiarkan, usus buntu lama-lama akan membengkak dan menimbulkan rasa sakit, hal ini merupakan bentuk respon terhadap infeksi di dalam tubuh manusia.

3. Adanya Bakteri
Seseorang bisa mengalami radang usus buntu karena disebabkan oleh bakteri di dalam usus buntu. Ketika usus buntu tersumbat, hal ini menyebabkan bakteri bisa berkembang biak di dalamnya. Kalau tidak segera diobati, radang usus buntu juga berisiko menyumbat aliran darah.

Komplikasi Akibat Radang Usus Buntu

Apabila radang usus buntu tidak segera ditangani dengan cepat maka bisa pecah dan menimbulkan infeksi yang sangat membahayakan. Adapun sejumlah komplikasi yang ditimbulkan akibat radang usus buntu semakin parah, yaitu:
  • Infeksi dapat meluas hingga ke organ abdomen (peritonitis) atau perut.
  • Infeksi bisa juga menyebar hingga ke seluruh tubuh.
  • Dapat menimbulkan abses, yakni suatu kondisi di mana seseorang merasakan nyeri tubuh yang sangat parah.
Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai cara mengecek usus buntu sendiri beserta gejala dan penyebab umum terserang radang usus buntu. Semoga artikel ini dapat membantu detikers!




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Bagaimana Cara Mengecek Usus Buntu Sendiri? Ini Penjelasannya"