Hagia Sophia

19 May 2023

Terkait Dokter Gigi Aniaya Staf Karen's Dinner, Ini Tanggapan PDGI

Tanggapan PDGI terkait oknum dokter gigi yang menganiaya staf Karen's Diner. (Foto: Istimewa)

Baru-baru ini, viral oknum dokter gigi yang berinisial TK menganiaya staf restoran Karen's Diner Bali. Penyebabnya lantaran pelaku tak terima tidak dipanggil 'dokter' meskipun tidak sedang berpraktik.

Melalui akun Instagram pribadinya, TK menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh korban yang dianiaya, salah satunya Tiara G Alicia. Dalam unggahannya, TK mengungkap dirinya sempat menjambak rambut Tiara karena membela temannya tersebut.

"Dengan ini saya meminta maaf yang sedalam-dalamnya pada pihak Karen's Diner, khususnya Tiara," kata TK dalam video permohonan maafnya di Instagram.

"Ini menjadi pelajaran untuk saya untuk bisa menahan emosi, mengontrol emosi," lanjutnya.

Meskipun sudah mengunggah video permohonan maaf, proses hukum tetap berjalan. Polsek Kuta Utara rencananya akan melakukan pemeriksaan saksi dan terduga pelaku pada Jumat (19/5).

"Kami akan undang saksi-saksi yang lain. Yakni (panggilan) pada Jumat pagi besok dan terlapor (TK) sorenya," ungkap Kanit Reskrim Polsek Kuta Utara Iptu Mohammad Amir, dikutip dari detikBali.

Tanggapan PDGI

Menurut ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) drg Usman Sumantri, tidak ada kewajiban untuk memanggil 'dokter'. Ia menyebut, panggilan 'dokter' hanya digunakan dalam lingkungan tertentu.

"Tidak ada kewajiban seseorang memanggil nama dokter apalagi bukan dalam lingkungan faskes atau lingkungan Perguruan Tinggi FK/FKG dalam pendidikan atau lingkungan antar dokter," kata drg Usman, dihubungi detikcom, Kamis (18/5/2023).

"Apalagi yang bersangkutan mungkin tidak tahu," lanjutnya.

Terkait status keanggotaan, drg Usman mengatakan pihaknya akan menelusuri lebih lanjut. Namun bila TK terdaftar, kasus ini akan ditindaklanjuti ke Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK).

"Kalau ada kasus seperti ini akan dibawa ke MKEK mendalami kasus untuk diputuskan. Kita harus adil dan transparan," ungkap drg Usman.

"Bila yang bersangkutan anggota, kemungkinan besar akan mendapat teguran keras. Sekali lagi kita telusur dulu sampai clear yah, " pungkasnya.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Dokter Gigi Aniaya Staf Karen's Diner Bali, PDGI Turun Tangan"