Hagia Sophia

19 May 2023

Gegara Kasih Minum Soda ke Anaknya Usia 3 Tahun, Rachel Vennya Dikecam

Rachel Vennya. (Foto: Instagram Rachel Vennya)

Rachel Vennya belakangan disorot netizen lantaran menawari anaknya, Chava, yang baru berusia 3 tahun meminum soda. Salah satu netizen bahkan langsung membalas story selebgram tersebut dengan peringatan bahaya memberikan soda pada anak di bawah usia 5 tahun.

"Nggak boleh untuk di bawah umur 5 th lho cel," demikian balasan salah satu netizen di Instagram @rachelvennya.

"Maaf baru tau, untung anaknya nggak mau. Makasi ya, yang udah kasih tahu," jawab Rachel.

Memang Apa Sih Bahayanya?

dr Ratih Puspita SpA menjelaskan pemberian minuman manis yang berkarbonasi memang tidak dianjurkan pada anak. Ada sejumlah alasan di baliknya yakni membuat perut kembung hingga risiko diabetes akibat terlalu banyak mengonsumsi gula.

Alih-alih memberikan minuman manis berkarbonasi, orangtua lebih baik menyiapkan makanan kaya nutrisi meliputi protein, karbohidrat, dan lemak. Meminum soda dalam kandungan tinggi juga bisa berkaitan dengan risiko obesitas akibat beban kalori amat tinggi.

"Membuat perut merasa 'kenyang' (kembung) sehingga anak tidak mau makan lagi," wanti-wanti dr Ratih, saat dihubungi detikcom Kamis (18/5/2023).

"Lebih baik perut dikenyangkan dengan makanan bergizi daripada cola yang nutrisinya 0," lanjut dia.

Mengacu pada penjelasan American Heart Association (AHA) anak-anak di atas 2 tahun sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari 6 sendok teh atau 25 gram setiap harinya.

"Kandungan gula yang jauh di atas batas asupan gula anak per hari, padahal konsumsi gula berlebih pada anak banyak efek buruk. Misalnya obesitas, risiko diabetes meningkat, gigi berlubang," pungkas dia.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Rachel Vennya Minta Anaknya yang Baru 3 Tahun Cicip Soda, Adakah Bahayanya?"