Hagia Sophia

19 May 2023

Liga Eropa: Masuk Final, Walau AS Roma Main Seri dengan Bayer Leverkusen 0-0

(Foto: AP/Martin Meissner)

AS Roma melanjutkan langkah ke final Liga Europa. Pasukan Jose Mourinho membendung Bayer Leverkusen 0-0 pada semifinal leg kedua, untuk lolos secara agregat.

AS Roma bertandang ke markas Bayer Leverkusen di BayArena, Jumat (19/5/2023) dini hari WIB, pada leg kedua semifinal. Wakil Italia itu datang dengan keunggulan 1-0 berkat kemenangan di kandang pada pertemuan pertama.

Leverkusen langsung menunjukkan intensinya untuk mencetak gol sejak sepak mula. Tapi AS Roma tampil rapat dan disiplin dalam bertahan, tak meninggalkan banyak celah buat tuan rumah.

Tak ada gol tercipta sampai pertandingan usai. AS Roma pun mendapatkan tiket ke final Liga Europa yang akan digelar di Puskas Arena, Budapes, 31 Mei mendatang.

Roma akan menghadapi pemenang Juventus vs Sevilla, yang hingga berita ini diturunkan masih berlanjut ke babak tambahan.

Jalannya Pertandingan

Roma menebar ancaman di awal laga, dengan sepakan mendatar Lorenzo Pellegrini masih melebar. Leverkusen balas mengancam namnun sepakan Moussa Diaby pada menit ke-12 cuma menghantam tiang gawang!

Tuan rumah melanjutkan tekanannya, kali ini dari Kerem Demirbay. Percobaannya ditepis oleh Rui Patricio.

Upaya lain dari Leverkusen belum juga membuahkan hasil pada menit ke-36. Tembakan Sardar Azmoun tepat mengarah ke Patricio. Babak pertama tuntas tanpa gol.

Leverkusen memulai babak kedua dengan meningkatkan intensitas serangan. Sementara Roma berniat makin merapatkan pertahanan dengan masuknya Georginio Wijnaldum menggantikan Andrea Belotti.

Sundulan Azmoun pada menit ke-66 masih tepat ke pelukan Patricio. Tembakan Demirbay tak lama kemudian ditepis kiper Roma itu dan Gianluca Mancini mengamankan bola sebelum disambar Azmoun.

Leverkusen terus mendesak Roma. Tembakan Jonathan Tah membentur Nemanja Matic dan berakhir di samping gawang. Sedang peluang dari Azmoun menyambar bola liar juga melebar.

Pertahanan gigih Roma bertahan sampai pertandingan usai. Leverkusen tak mampu mencetak gol penyama kedudukan hingga peluit panjang berbunyi.

Susunan pemain

Bayer Leverkusen: Lukas Hradecky; Edmond Tapsoba, Jonathan Tah (Nadiem Amiri 86'), Piero Hincapie; Jeremie Frimpong, Kerem Demirbay, Exequiel Palacios (Hlozek 80'), Mitchel Bakker (Amine Adli 73'); Moussa Diaby, Sardar Azmoun, Florian Wirtz

AS Roma: Rui Patricio; Gianluca Mancini, Bryan Cristante, Ibanez; Mehmet Zeki Celik (Chris Smalling 78'), Edoardo Bove, Nemanja Matic, Lorenzo Pellegrini, Leonardo Spinazzola (Nicola Zalewski 34'); Andrea Belotti (Georginio Wijnaldum 46'), Tammy Abraham




























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Leverkusen Vs AS Roma: Giallorossi ke Final Liga Europa!"