Hagia Sophia

01 July 2023

Beberapa Buah Ini Bisa Jadi Penurun Kolesterol Paling Cepat

4 buah penurun kolesterol paling cepat. (Foto: Thinkstock)

Habis kalap makan daging kurban di momen Idul Adha, khawatir kadar kolesterol dalam tubuh bakal melonjak? Tak harus langsung gaspol konsumsi obat-obatan, rupanya ada bahan alami yang dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol. Misalnya, buah-buahan tertentu.

Kolesterol sendiri terbagi atas dua jenis, yakni kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL) dan kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL). HDL berguna membawa LDL ke hati untuk diproses dan dibuang melalui urine atau kandung empedu.

Kolesterol total umumnya tidak boleh melebihi 200 mg/dL. Jika kadarnya tersebut dibiarkan, seiring waktu bisa memicu aterosklerosis, yaitu penyempitan pembuluh darah akibat penumpukan plak. Akibatnya, muncul komplikasi fatal lain, seperti stroke dan gangguan jantung.

Kondisi ini bisa ditimbulkan dari faktor genetik bernama Familial Hypercholesterolemia (FH). Namun pada banyak kasus, kolesterol tinggi disebabkan oleh gaya hidup buruk, terutama asupan yang tidak bergizi. Karena itu, kunci untuk mengontrolnya adalah komitmen menyeimbangkan nutrisi dari makanan sehat.

Buah Penurun Kolesterol Paling Cepat

Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah jenis buah-buahan penurun kolesterol paling cepat:

1. Apel
Dikutip dari Everyday Health, apel adalah sumber serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar LDL. Penelitian yang dipublikasikan di European Journal of Nutrition menunjukkan bahwa peserta penelitian yang makan 550 gram apel sehari memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah pada akhir penelitian.

Efek ini tidak terlihat pada peserta penelitian yang minum jus apel bening, yang seratnya dihilangkan. Disarankan untuk mengonsumsi apel beserta dengan kulitnya, karena serat apel banyak ditemukan pada bagian tersebut.

2. Alpukat
Selain untuk diet, alpukat juga diklaim sebagai buah penurun kolesterol paling ampuh loh. Pasalnya, buah ini memiliki lemak tak jenuh yang sangat baik untuk tubuh.

"Apa pun dengan alpukat akan memiliki rasio lemak tak jenuh tunggal versus tak jenuh ganda yang sangat baik," Emily Schmidt, RDN, ahli diet dari Mayo Clinic.

"Terlalu banyak hanya lemak tak jenuh ganda yang dapat menurunkan kolesterol baik (HDL) Anda juga," lanjutnya.

Meski bisa dimakan langsung, alpukat juga bisa dikonsumsi dengan campuran bahan lainnya, seperti menggunakan minyak alpukat dalam masakan, menjadikannya salad, hingga sandwich.

3. Semangka
Selain menyegarkan, semangka cocok disantap sebagai bagian dari diet penurun kolesterol. Semangka secara alami mengandung karotenoid likopen yang telah terbukti menangkal radikal bebas dan mencegah peningkatan kadar kolesterol.

Perlu diingat, semangka juga mengandung gula yang tinggi. Karenanya, hindari mengonsumsinya bersamaan dengan gula.

4. Buah beri
Buah beri, seperti blackberry, blueberry, raspberry, delima, dan stroberi juga diklaim sebagai buah penurun kolesterol paling ampuh. Pasalnya, buah-buahan tersebut kaya akan serat larut dan rendah gula yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Habis Kalap Makan Daging Kurban? Ini 4 Buah Penurun Kolesterol Paling Cepat"