Hagia Sophia

31 July 2023

Dua Supermoon Akan Hadir di Agustus 2023, Salah Satunya Blue Moon

Bakal Ada 2 Supermoon di Bulan Agustus, Salah Satunya Blue Moon. Foto: ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI

Agustus 2023 akan menyuguhkan fenomena menarik bagi para pengamat langit dengan kehadiran dua supermoon. Salah satu dari supermoon ini adalah Blue Moon yang jarang terjadi.

Seperti dikutip dari earth.com, Sabtu (28/7/2023) supermoon terjadi ketika orbit Bulan purnama membuatnya paling dekat dengan planet kita. Dijelaskan oleh NASA, orbit Bulan mengelilingi Bumi tidak melingkar sempurna melainkan berbentuk seperti oval memanjang, atau elips. Hal ini menyebabkan Bulan berosilasi antara jarak yang lebih dekat dan lebih jauh dari planet asal kita saat menyelesaikan siklus orbitnya.

Titik terjauh yang ditempuh Bulan dari Bumi disebut sebagai apogee, ketika Bulan berada pada jarak rata-rata 405.000 km. Sebaliknya, titik ketika Bulan paling dekat dengan Bumi dikenal sebagai perigee, dengan jarak Bulan kira-kira 360.000 km dari Bumi.

Pendekatan menyebabkan supermoon

Pada tahap perigee itulah supermoon terjadi, saat Bulan purnama sejajar dengan jarak terdekat Bulan ke Bumi. Jika diamati dari Bumi, supermoon cenderung tampak lebih besar dan lebih terang dibandingkan bulan purnama biasa, meski perbedaannya tipis.

Siklus supermoon tahun ini sangat istimewa karena keempat kejadian tersebut terjadi secara berurutan. Supermoon pertama tahun ini muncul pada 3 Juli, dan supermoon terakhir dari seri ini akan terjadi pada 29 September.

Apa itu Blue Moon?

Istilah Bulan biru atau Blue Moon tidak mengacu pada warna Bulan melainkan frekuensinya. Blue Moon adalah nama yang diberikan untuk Bulan purnama kedua yang terjadi dalam satu bulan kalender. Karena purnama umumnya muncul setiap 29 hari, dan karena sebagian besar bulan terdiri dari 30 atau 31 hari, ada kemungkinan dua purnama jatuh dalam bulan yang sama.

Blue Moon adalah peristiwa langka yang biasanya terjadi kira-kira setiap dua setengah tahun. Di tahun ini, Agustus akan menjadi tuan rumah bagi terjadinya dua bulan purnama, dan menariknya lagi, keduanya merupakan supermoon.

Bulan Sturgeon

Purnama pertama, akan terjadi pada Selasa, 1 Agustus. Di negara barat, supermoon ini disebut Bulan Sturgeon atau Sturgeon Moon. Penamaan ini berasal dari beberapa kelompok penduduk asli Amerika, terutama yang berada di wilayah Great Lakes di Amerika Utara, yang menemukan bahwa ikan sturgeon paling banyak ditangkap selama bulan ini.

Sturgeon adalah ikan prasejarah yang telah ada selama lebih dari 130 juta tahun. Banyak spesies ikan ini telah berkembang secara global dan beberapa kelompok menemukan habitatnya di Great Lakes. Nama lain untuk purnama Agustus termasuk Green Corn Moon, Barley Moon, atau Fruit Moon. Nama-nama itu mencerminkan berbagai tanaman dan makanan yang matang dan siap panen di bulan tersebut.

Bulan purnama terdekat tahun ini

Selanjutnya, Agustus akan ditutup dengan kemunculan Blue Moon pada Rabu, 30 Agustus. Tak hanya sebagai purnama kedua di bulan Agustus, tetapi juga tergolong supermoon. Blue Moon istimewa akan menjadi purnama terdekat ke Bumi sepanjang tahun.

Secara keseluruhan, Agustus menjanjikan pemandangan luar biasa bagi para astronom dan pengamat langit. Bagi siapa pun yang berencana mengamati peristiwa ini, sebaiknya cari lokasi yang jauh dari lampu perkotaaan untuk mendapatkan pemandangan yang paling jelas. Juga, kalian bisa menggunakan teleskop bahkan teropong yang bagus untuk meningkatkan pengalaman menyaksikan keindahan langit malam.


























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Akan Ada 2 Supermoon di Bulan Agustus, Salah Satunya Blue Moon"