Hagia Sophia

31 July 2023

Wanita Ini Harus Tutup Lubang Anusnya Karena Idap Penyakit Usus Kronis

Wanita asal AS harus 'menutup' lubang anusnya setelah mengalami penyakit usus parah. (Foto: Thinkstock)

Maggie Tretton tak pernah membayangkan bakal hidup tanpa memiliki salah satu organ terpenting pada tubuh manusia. Wanita yang baru berusia 29 tahun itu harus 'menutup' lubang anusnya lantaran penyakit usus kronis yang diidapnya. Seperti apa kisahnya?

Dikutip dari Daily Mail, Tretton mengungkapkan dirinya mengidap penyakit crohn sejak usia belia. Di usia 16 tahun, kondisi Tretton memburuk hingga ia akhirnya harus menjalani operasi kolostomi untuk membuat saluran pembuangan baru melalui perutnya.

Namun derita Tretton tak sampai di situ saja. Sepuluh tahun selang operasi tersebut, Tretton masih merasakan sakit dan nyeri di sekitar anusnya. Ternyata, penyakit Crohn telah menggerogoti saluran usus dan rektumnya.

Hal ini lah yang akhirnya memantapkan hati Tretton untuk kembali ke meja operasi dan benar-benar mengakhiri penderitaannya. Ia pun menjalani proktokolektomi, yakni prosedur pengangkatan usus besar dan rektum.

Imbas dari operasi tersebut, dokter harus menutup dan menjahit lubang anus Tretton agar kotoran dapat dialihkan ke saluran yang baru.

"Sekarang permanen, tidak ada jalan kembali. Tapi aku tidak pernah sekalipun menyesal karena aku tahu seberapa parah kerusakan pada area itu," ucap Tretton dikutip dari Daily Mail, Minggu (30/7/2023).

Kini, Tretton harus buang air menggunakan kantong kolostomi yang 24 jam terpasang di perutnya. Meski berbeda dengan orang pada umumnya, ia mengaku masih bisa hidup normal.

"Aku tahu apa yang mungkin kalian pikirkan, 'Anusmu dihilangkan. Tidak mungkin kamu bisa terlihat normal'. Tapi ia terlihat hampir seperti orang sehat pada umumnya," ucapnya.

"Satu-satunya hal yang berbeda adalah tidak ada lagi lubang di sana. Tidak ada bukaan, betul-betul terlihat seperti ada lubang yang hilang," sambungnya.

Meski kini hidup berbeda dengan orang-orang lainnya, Tretton mengaku bersyukur bisa menjalani semua prosedur dengan aman dan tak perlu lagi merasa sakit.

"Aku benar-benar bersyukur karena tiga tahun setelah operasi, dia tampak baik dan juga terasa baik. Memang terasa sedikit berbeda, tapi tidak seburuk yang aku bayangkan. Aku sama sekali tidak menyesalinya," pungkasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Idap Penyakit Usus Parah, Wanita Ini Terpaksa 'Tutup' Lubang Anusnya"