Hagia Sophia

14 August 2023

Kasus Bayi Tertukar di Bogor, Ibunya Sempat Temui Anak Kandungnya

Foto: Ibu bayi yang tertukar, Siti Mauliahh, berharap bisa bertemu dengan anak kandungnya (dok. istimewa)

Siti Mauliah (37) sempat menemui pihak rumah sakit saat merasa bahwa bayi yang dibawanya itu bukan anak kandungnya. Dia kemudian mencari tahu alamat keluarga yang diduga membawa anak kandungnya di kawasan Tajur Halang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Saya minta alamat lagi ke rumah sakit nyusul alamat gelang. Terus dikasih sama pihak rumah sakit, terus pas dikasih saya langsung ke rumah pasien si B di Tajur Halang," kata Siti kepada wartawan di kediamannya, Jumat (11/8/2023).

Saat itu, Siti mengatakan sempat melihat bayi yang dianggap anak kandungnya. Dia merasa histeris dan terenyuh hatinya melihat bayi tersebut.

"Saya lihat bayi saya histeris. Otomatis bilang 'itu bayi saya, itu benar anak saya'. Langsung ke hati. mau diambil cuma dipegang orang, saya nggak enak," jelasnya.

Siti mengatakan pihak rumah sakit telah membantunya menyelesaikan masalah itu. Namun belum ada titik terang hingga saat ini.

"Berupaya (rumah sakit), apa berupaya meyakinkan saya dan pasien B. Tapi sampai sekarang nggak ada titik terang. Saya sampai sekarang juga masih nunggu titik terang dari rumah sakit, ternyata belum ada," tuturnya.

Penjelasan Rumah Sakit

Diketahui, pihak Rumah Sakit Sentosa Bogor angkat bicara angkat bicara. Legal Rumah Sakit Sentosa Gregg Djoko mengatakan pihak keluarga yang diduga tertukar dengan anak Siti belum bersedia tes DNA.

"Memang semua ini kan belum terang-benderang, karena tes DNA baru dilakukan terhadap bayinya Bu Siti. Yang satu kan sampai saat ini yang kami duga aja masih belum bersedia," kata Gregg saat dihubungi.

Gregg menyayangkan mengapa baru dilaporkan sekarang ke rumah sakit perihal bayi tertukar. Sedangkan kejadian tersebut sudah terjadi setahun lalu.

"Iya benar kita tuh menyayangkan yang pertama, terus itu baru melaporkan ke rumah sakit satu tahun," sebutnya.

"Karena kejadiannya itu kan Juni tahun lalu, kami menyayangkan itu. Kalau Bu Situ bilang 'Saya sudah informasikan segala macam', tapi kan itu tidak ke manajemen secara resmi, kita tidak tahu," sambung dia.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ibu di Bogor Sempat Temui Bayinya yang Tertukar, Langsung Histeris"