Hagia Sophia

14 August 2023

Olahraga Ini Bisa Perpanjang Umur, Kurangi Risiko Kematian Hingga 47 Persen

Ilustrasi lansia. (Foto: Getty Images/FG Trade)

Siapa sangka, aktivitas memperkuat otot seperti angkat beban ternyata perlu menjadi bagian dari rutinitas olahraga mingguan para orangtua. Sebuah penelitian menemukan rutinitas tersebut ditambah dengan latihan aerobik bisa memperpanjang umur, dibandingkan mereka yang tidak melakukannya.

National Health Service (NHS) AS juga mengimbau orang dewasa di atas 65 tahun untuk aktif secara fisik setiap hari dan melakukan aktivitas meningkatkan kekuatan, keseimbangan, fleksibilitas, setidaknya dua kali seminggu.

Setidaknya diibutukan waktu 150 menit untuk aktivitas intensitas sedang dalam seminggu atau 75 menit aktivitas intensitas tinggi dalam sepekan jika sudah mulai terbiasa.

Apa Alasannya?

Studi di AS, yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine, mewawancara lebih dari 150.000 orang berusia 60-an dan 70-an tentang rutinitas olahraga mereka.

Para peneliti menemukan orang yang melakukan olahraga sedang selama 150 menit seperti direkomendasikan, hidup lebih lama daripada mereka yang tidak melakukannya, mereka yang menggabungkan latihan aerobik teratur dengan aktivitas penguatan otot sekali atau dua kali seminggu, juga bernasib lebih baik.

Mereka memiliki risiko kematian 47 persen lebih rendah dari sejumlah pemicu termasuk kanker, selama sembilan tahun ke depan, dibandingkan mereka yang tidak aktif sama sekali.

Melakukan angkat besi saja menurunkan risiko hingga 9-22 persen kematian, dan latihan aerobik hingga 24-34 persen.

Contoh latihan aerobik yang memompa jantung dan paru-paru yakni jalan cepat, lari, bersepeda, dan berenang.

Studi tersebut juga menemukan bahwa wanita mendapat manfaat lebih banyak dari angkat besi daripada pria.

Tim peneliti dari National Cancer Institute di Maryland, dan University of Iowa menjelaskan latihan penguatan otot dapat membuat tubuh lebih ramping dan tulang lebih kuat, yang mengarah ke kehidupan yang lebih sehat di usia tua.

"Temuan kami bahwa risiko kematian tampak paling rendah bagi mereka yang berpartisipasi dalam kedua jenis latihan tersebut memberikan dukungan kuat untuk rekomendasi saat ini untuk melakukan aktivitas aerobik dan penguatan otot," kata penulis studi Dr Jessica Gorzelitz.

"Orang dewasa yang lebih tua mungkin akan mendapat manfaat dari menambahkan latihan angkat beban ke dalam rutinitas aktivitas fisik mereka."


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ternyata Olahraga Ini Bikin Panjang Umur, Risiko Kematian Berkurang 47 Persen"