Hagia Sophia

14 August 2023

Mancini Mundur Sebagai Pelatih Timnas Italia, Siapakah Penggantinya?

Luciano Spalletti masuk bursa calon pelatih baru Timnas Italia. Foto: Getty Images/Danilo Di Giovanni

Roberto Mancini mundur dari jabatannya sebagai pelatih Timnas Italia. Sejumlah nama muncul sebagai kandidat untuk menggantikannya. Siapa saja?

Diberitakan Sky Sport Italia, Antonio Conte dan Luciano Spalletti menjadi dua nama yang memiliki kans paling besar. Mereka juga sedang menganggur saat ini.

Baik Conte dan Spalletti juga memiliki rekam jejak yang bagus di lapangan hijau. Conte pernah lima kali juara liga di Italia dan Inggris, sedangkan Spalletti musim lalu membawa Napoli meraih scudetto.

Hanya saja, mengejar salah satu dari mereka tidaklah mudah. Conte baru menjalani operasi pengangkatan kantong empedu awal tahun ini. Kondisi kesehatannya ini juga diyakini berperan dalam keputusannya cabut dari Tottenham Hotspur pada Maret lalu.

Selain itu, Conte yang pernah melatih Italia pada 20142-2016 pernah menyatakan ia lebih suka melatih klub dibanding tim nasional karena keterlibatan yang rutin dengan para pemain asuhannya.

Sedangkan Spalletti, meski tak lagi melatih Napoli, masih terikat kontrak hingga 2024, sebagaimana pernah diberitakan The Athletic. Ia dilarang melatih klub lain selama setahun ke depan, namun belum diketahui apakah itu mencakup tim nasional atau tidak.

Selain dua nama di atas, media-media Italia juga menyebut ada empat nama eks juara Piala Dunia 2006 yang masuk bursa kandidat, yakni Fabio Cannavaro, Daniele De Rossi, Fabio Grosso, dan Gennaro Gattuso. Mereka semua telah berkiprah menjadi pelatih.

Meski begitu, kans mereka dinilai kecil karena belum selevel dengan Conte dan Spalletti.


























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Mancini Mundur, Ini Daftar Calon Pelatih Baru Italia"