Hagia Sophia

02 August 2023

Riset: Wanita Usia 20-an Lebih Rentan Jatuh dari Tangga

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Artem_Furman)

Wanita muda di usia 20-an ternyata cenderung lebih sering terjatuh dari tangga ketimbang laki-laki di kelompok usia yang sama. Melalui studi terbaru yang belum lama ini dilakukan, para peneliti menemukan sejumlah perilaku yang membuat wanita lebih rentan terjatuh saat melewati anak tangga.

Penelitian ini dilakukan oleh tim dari Purdue University, yang menganalisa perilaku-perilaku tertentu yang menyebabkan orang dewasa muda terjatuh dari tangga, serta seberapa sering perilaku itu muncul pada pria dan wanita.

Menggunakan kamera tersembunyi, peneliti menganalisa lebih dari 2.400 mahasiswa yang melewati anak tangga di kampus Purdue. Ada delapan perilaku berisiko yang menarik perhatian para peneliti, antara lain pemilihan sepatu, menggunakan pegangan tangga, memperhatikan langkah kaki, penggunaan gadget, melangkahi anak tangga, menaruh tangan di saku celana, berbicara sambil berjalan, dan berjalan sambil membawa barang.

Hasilnya, lebih dari 69 persen menunjukkan dua atau lebih perilaku berisiko. Dari angka tersebut, 80 persen di antaranya adalah wanita.

Salah satu faktor risiko yang paling sering muncul adalah kebiasaan berjalan tanpa memerhatikan langkah. Shirley Rietdyk, salah satu peneliti yang terlibat dalam studi itu, mengungkapkan banyak subjek yang kehilangan keseimbangan gegara tidak memerhatikan langkah kakinya sendiri.

Selain itu, studi juga mengungkapkan wanita cenderung untuk berbicara atau ngobrol saat berjalan melewati anak tangga. Rietdyk mengatakan dibandingkan dengan pria, wanita lebih sering berjalan bersama teman-temannya.

"Ini bukan soal stereotype kalau wanita lebih banyak bicara. Tapi ketika kami melihat orang-orang yang berjalan bersama-sama, ini bukan soal siapa yang lebih banyak bicara, tapi faktanya wanita cenderung berjalan bersama-sama ketimbang pria," ujar Rietdyk, dikutip dari NBC News, Selasa (1/8/2023).

Temuan tim peneliti dari Purdue University tersebut sejalan dengan sejumlah kasus wanita yang terjatuh dari tangga. Misalnya, Zendaya yang tergelincir dari anak tangga saat hendak masuk ke dalam sebuah gedung di Roma, Italia.

Kemudian, Jennifer Lawrence yang terjatuh saat hendak menerima penghargaan artis terbaik di ajang Oscar 2013. Terbaru, artis Park Soo Ryun yang meninggal karena cidera yang dialami setelah terjatuh dari anak tangga.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Riset Temukan Wanita Usia 20-an Lebih Rentan Jatuh dari Tangga, Kenapa Tuh?"