Hagia Sophia

02 August 2023

Tips untuk Hilangkan Sakit Kepala Tanpa Konsumsi Obat

Foto: Shutterstock/

Pusing adalah suatu kondisi di mana kepala terasa sakit dan menimbulkan sensasi seperti kliyengan, berputar, dan melayang. Bahkan, sejumlah orang sampai tak sanggup untuk berdiri dan berjalan karena mengalami pusing yang hebat.

Sebenarnya, pusing kepala bisa diobati dengan mudah dan cepat. Umumnya, banyak orang yang mengkonsumsi obat-obatan medis agar pusing cepat reda.

Tapi tak hanya itu, kamu juga bisa menghilangkan pusing kepala dengan bahan-bahan alami. Penasaran seperti apa caranya? Simak pembahasannya dalam artikel ini.

Penyebab Pusing Kepala

Sebelum mengetahui cara meredakannya, sebaiknya detikers mengetahui hal-hal yang menyebabkan kepala pusing. Mengutip buku Mencegah dan Mengatasi Sakit Kepala oleh dr Iskandar Junaidi, berikut sejumlah penyebab pusing kepala:
  • Mata lelah
  • Stres berlebih
  • Menjalani aktivitas terlalu berat
  • Cuaca yang sangat panas
  • Mencium aroma yang terlalu kuat di hidung
  • Perut kelaparan
  • Sensitif terhadap makanan dan minuman tertentu.
Cara Menghilangkan Pusing Kepala

Ada sejumlah cara untuk menghilangkan pusing kepala secara alami sehingga tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan medis. Mengutip dari berbagai sumber, berikut penjelasannya.

1. Banyak Istirahat
Cara yang pertama untuk menghilangkan pusing kepala adalah dengan perbanyak istirahat. Soalnya, pusing bisa terjadi karena sejumlah saraf terlalu tegang sehingga tubuh jadi mudah cepat lelah.

Oleh sebab itu, jika kamu sedang beraktivitas dan kepala mendadak terasa pusing, cobalah istirahat sejenak dengan memejamkan mata selama beberapa menit.

2. Memijat Kepala
Apabila kepala terasa pusing, cobalah untuk memberikan pijatan ringan di kepala. Kamu bisa memijat kepala secara mandiri menggunakan jari telunjuk atau ibu jari. Lakukan pijatan ringan dan beri sedikit tekanan dengan jari selama 7-15 detik, setelah itu lepaskan.

Apabila kamu tak bisa melakukannya secara sendiri, mintalah pertolongan kepada orang lain untuk memijat di sekitar kepala, leher, dan pundak secara ringan.

3. Perbanyak Minum Air Putih
Dilansir Healthline, kamu bisa menghilangkan pusing kepala dengan perbanyak minum air putih. Selain agar tetap terhidrasi, air putih juga dapat mengganti cairan tubuh yang hilang.

Sebab, ketika manusia kekurangan cairan tubuh maka bisa lemas dan mengalami pusing kepala. So, jangan lupa untuk perbanyak minum air putih minimal 2 liter per hari.

4. Tempel Es Batu di Kepala
Es batu ternyata cukup ampuh untuk menghilangkan pusing kepala, lho. Sebab, sensasi dingin yang keluar dari es batu dapat meredakan pusing secara perlahan.

Cara penggunaannya juga mudah, cukup bungkus bongkahan es batu dengan kain berbahan lembut, lalu tempelkan di bagian kepala yang pusing. Atau kamu juga bisa menggunakan ice pack yang sudah banyak dijual di toko online.

5. Konsumsi Kafein Secukupnya
Tahukah detikers kalau mengkonsumsi kafein bisa menghilangkan pusing kepala? Mengutip Web MD, minuman kafein seperti teh dan kopi dapat meredakan pusing kepala setelah beraktivitas seharian.

Akan tetapi, sebaiknya konsumsi minuman berkafein secukupnya saja. Sebab, kandungan kafein yang tinggi kerap membuat orang jadi sulit tidur dan jantung berdebar kencang, hal ini justru bisa menyebabkan kepala pusing.

6. Minum Jahe Hangat
Ketika kepala sedang pusing, cobalah untuk mengkonsumsi jahe hangat. Rempah-rempah yang satu ini memang sudah terkenal akan khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Soalnya jahe mengandung sumatriptan, yakni obat yang dapat mengatasi sakit kepala dan migrain.

Setelah mengkonsumsi jahe hangat, cobalah untuk bersantai sejenak dan jangan memikirkan hal-hal yang tidak perlu. Baru setelah itu istirahat sejenak untuk meredakan pusing kepala.

7. Mandi Air Hangat
Mandi air hangat ternyata cukup ampuh untuk meredakan pusing kepala. Ketika air panas membasahi tubuh, hal ini membuat otot-otot yang awalnya tegang kemudian menjadi rileks. Sebaiknya, setelah mandi air hangat dilanjutkan dengan istirahat yang cukup agar pusing cepat hilang.

8. Kurang Melihat Layar Elektronik
Salah satu penyebab kepala pusing adalah karena terlalu lama melihat layar, mulai dari layar laptop/PC, layar smartphone, hingga layar TV. Oleh sebab itu, kurangi melihat layar elektronik dalam waktu lama serta cobalah untuk memejamkan mata sejenak jika merasa sudah lelah.

9. Kompres Air Panas
Selain menggunakan air dingin, detikers juga bisa menghilangkan pusing dengan kompres air panas. Caranya juga mudah, siapkan handuk kecil lalu rendam di air panas selama 10-20 detik.

Jika sudah, kemudian angkat dan peras handuk, lalu tempelkan di bagian jidat selama beberapa menit. Ulangi langkah-langkah tersebut sampai pusing mulai hilang.

10. Oles dengan Essential Oil
Cara menghilangkan pusing kepala yang terakhir adalah dengan mengoleskan essential oil di bagian kepala yang sakit. Adapun sejumlah ekstrak minyak yang bisa digunakan yakni peppermint dan lavender, karena dipercaya cukup ampuh untuk mengatasi pusing dan memberikan efek menenangkan.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "10 Cara Menghilangkan Pusing Kepala Tanpa Konsumsi Obat-obatan"