Hagia Sophia

02 August 2023

Seorang Influencer Vegan Meninggal Setelah Menjalani Diet Ekstrem

Zhanna Samsonova. (Foto: Instagram)

Zhanna Samsonova, influencer diet vegan, meninggal setelah menjalani diet ekstrem. Kondisi kesehatannya dilaporkan memburuk setelah mengadopsi diet ekstrem dengan hanya mengonsumsi buah eksotik.

Zhanna adalah influencer diet yang terkenal karena mempromosikan diet yang cukup ekstrem ke para followersnya. Dalam berbagai video yang diunggah di media sosial, Zhanna mengajak followers-nya hidup lebih 'sehat' hanya dengan mengonsumsi makanan vegan mentah yang berasal dari alam.

Namun, dietnya menjadi semakin ketat dalam beberapa tahun terakhir. Dikutip dari Daily Mail, Zhanna melakukan diet hanya dengan mengonsumsi buah-buahan eksotik seperti nangka dan durian. Selain itu, ia tidak pernah lagi minum air putih dalam 6 tahun terakhir, dan memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya hanya dari sari buah-buahan.

Salah seorang teman Zhanna mengaku ngeri melihat kondisinya. Ia mengatakan Zhanna terlihat sangat kelelahan dan kakinya membengkak.

"Aku tinggal satu lantai di atasnya dan setiap hari aku takut menemukan tubuhnya tak bernyawa di pagi hari. Aku memintanya untuk mencari pertolongan, tapi dia sudah terlambat," ujarnya dikutip dari New York Post, Selasa (1/8/2023).

Penyebab Meninggalnya Masih Diselidiki

Hingga saat ini, dokter masih belum bisa memastikan penyebab kematian Zhanna. Namun ibunya, Vera Samsonova, menyebut putrinya meninggal karena infeksi sejenis kolera imbas diet ekstrem yang dilakukan.

Vera juga mengatakan kalau ia tidak menyetujui diet ekstrem yang dilakukan putrinya dan membujuknya untuk mengadopsi pola makan yang seimbang. Sayang, bujukan sang ibu ditolak mentah-mentah oleh Zhanna.

Vera menuturkan di hari kematian Zhanna, putrinya itu rencananya akan kembali ke kampung halamannya di Kazan, Rusia.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Influencer Vegan Meninggal Usai Diet Ekstrem, 6 Tahun Tak Minum Air Putih"