Hagia Sophia

02 August 2023

Ini yang Membuat Orang Korea Jarang Terlihat Buncit

Foto: Getty Images/iStockphoto/AJ_Watt

Lipatan lemak di perut, ketiak, hingga gelambir pada paha kerap bikin insecure, terutama bagi para wanita. Segala cara sudah dicoba termasuk diet ekstrem untuk 'memangkasnya', tetapi tidak kunjung berbuah hasil.

Walhasil, lemak 'mengendap' dan jika tidak diatasi memicu risiko penyakit lain seperti obesitas.

dr Gwendy Aniko SpBPRE SubspMO (K) spesialis bedah plastik rekonstruksi dan estetik menyarankan untuk memilih Local Anesthetic Minimal-invasive lipo-Suction (LAMS). Metode baru dari Korea Selatan yang bisa melenyapkan lemak dalam waktu relatif singkat, tanpa perlu pembedahan.

Tujuannya bukan hanya mencapai badan ideal, tetapi diyakini bisa lebih sehat. Pasien disebutnya pada tahap awal akan menjalani proses skrining untuk melihat seberapa besar fat body, hingga muscle.

Dilanjutkan dengan USG yang bisa menunjukkan ketebalan lemak. Barulah, proses LAMS dimulai. LAMS serupa dengan 'sedot lemak' tetapi bedanya tidak ada sayatan sehingga tidak diperlukan jahitan sama sekali.

Otomatis, menurut dr Gwendy, tidak muncul bengkak dan memar, juga diklaim tanpa masa pemulihan. Untuk kriteria pasien yang bisa melakukan metode LAMS, tidak dibatasi pada usia, tetapi seberapa besar bobot tubuh.

"Kalau pasien obesitas ekstrem kami tidak sarankan," beber dia dalam Grand Launching Akasia 365mc Body Aesthetics Center di Mayapada Hospital Jakarta Selatan, Kamis (20/7/2023).

Berapa Banyak Lemak yang Bisa Dibuang?

dr Gwendy menyebut sekitar 10 liter lemak bisa dienyahkan dengan metode LAMS. Namun, kembali lagi pada kondisi masing-masing pasien.

"Berapa banyak lemak yang dibuang pasti ada batasan, tabi saya waktu itu bisa sampai 12 liter yang equal dengan 12 kg ya," terang dia.

Terkait kisaran harga, dr Gwendy menyebut harga perawatan semacam ini bergantung pada masing-masing kondisi pasien dan treatment yang dilakukan.

"Harga itu dinilai berdasarkan berapa banyak lemak yang diambil, dan itu yang akan diukur berdasarkan lingkaran tubuh (mengecil) seberapa misalnya, itu kita evaluasi, baru nanti kita bisa simpulkan," pungkasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pantas Warga Korsel Jarang Buncit, Ternyata Ini Perawatannya"